Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Spesifikasi 4 Tipe Pesawat yang Diuji Coba di Bandara IKN Nusantara

Berikut ini spesifikasi empat tipe pesawat yang telah diuji coba tinggal landas dan mendart di Bandara IKN Nusantara
Presiden Jokowi tiba di IKN pada Selasa (24/9/2024) menggunakan pesawat bertipe RJ-85. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Jokowi tiba di IKN pada Selasa (24/9/2024) menggunakan pesawat bertipe RJ-85. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah pesawat telah melakukan pendaratan di Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara termasuk pesawat kepresidenan serta tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara.

Pesawat yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah pesawat jenis RK-85 atau dikenal juga dengan BAe 146. Kemudian tiga pesawat milik TNI AU yaitu, Hercules C-130 yang merupakan esawat angkut militer besar yang terkenal dengan kemampuan lepas landas dan mendarat di landasan pacu pendek atau tidak disiapkan.

Kemudian CN 295 yang merupakan pesawat angkut taktis yang digunakan untuk berbagai misi militer, termasuk transportasi pasukan dan logistik. Serta Casa 212 yaitu esawat turboprop kembar berukuran kecil yang digunakan untuk keperluan sipil dan militer, ideal untuk penerbangan regional.

Spesifikasi 4 Pesawat yang Diuji Coba di Bandara IKN Nusantara

1. Pesawat RJ-85

Pesawat RJ-85, yang sudah digunakan sejak era Presiden Kedua RI, Soeharto pada pertengahan 1990, kembali hadir di IKN. Selain sebagai pesawat kepresidenan, RJ-85 juga digunakan oleh Pelita Air, maskapai penerbangan milik Pertamina.

RJ-85, yang diproduksi oleh British Aerospace, dilengkapi empat mesin jet. Pesawat ini pertama kali diproduksi pada 1981, dengan jarak jelajah hingga 2.796 kilometer dan kecepatan maksimal 750 kilometer/jam. Versi BAE 146-200 dari RJ-85 dilengkapi dengan mesin Honeywell LF507-1F, membuatnya lebih efisien dan ideal untuk lepas landas dari landasan pacu pendek. Kabin pesawat ini mampu menampung hingga 112 penumpang.

2. Pesawat Hercules C-130

Pesawat Hercules C-130 yang juga mendarat di IKN merupakan salah satu pesawat angkut militer utama. Pesawat ini telah dikenal mampu mendarat dan lepas landas di landasan yang pendek dan kurang disiapkan, menjadikannya pilihan tepat untuk keperluan militer.

Spesifikasinya termasuk panjang 34,69 meter, tinggi 11,9 meter, dan lebar sayap 39,7 meter. Pesawat ini dilengkapi dengan empat mesin turboprop Rolls-Royce AE 2100D yang menghasilkan daya sebesar 4.700 tenaga kuda. Pesawat ini dapat membawa beban maksimal hingga 20 ton dengan kecepatan maksimal 660 kilometer per jam di ketinggian 6.706 meter. Sistem avioniknya terintegrasi penuh dengan navigasi canggih dan sistem flight station modern.

3. Pesawat CN 295

Pesawat CN 295 milik TNI AU yang juga telah mendarat di IKN, dikenal sebagai pesawat angkut taktis. Dengan berat lepas landas maksimum 23.200 kilogram, pesawat ini memiliki kapasitas bahan bakar 7.500 liter dan mampu membawa muatan hingga 9.250 kilogram. Kecepatan jelajahnya mencapai 260 knots, dan pesawat ini mampu lepas landas di landasan sepanjang 670 meter persegi.

CN 295 mampu menempuh jarak hingga 700 mil laut dengan muatan penuh, sementara dengan muatan yang lebih ringan, pesawat ini bisa terbang sejauh 2.500 mil laut. Jangkauan feri pesawat ini mencapai 2.820 mil laut.

4. Pesawat Casa 212

Pesawat Casa 212 milik TNI AU juga termasuk di antara pesawat yang mendarat di Bandara IKN. Pesawat ini adalah pesawat turboprop kembar yang digunakan baik untuk keperluan sipil maupun militer. Pesawat ini dirancang di Spanyol dan diproduksi di Indonesia oleh PT Dirgantara Indonesia.

Dengan kecepatan maksimal 370 kilometer per jam dan jarak tempuh hingga 1.433 kilometer, pesawat ini memiliki daya tanjak sebesar 497 meter per menit. Casa 212 dapat membawa sekitar 21 penumpang, menjadikannya pesawat yang ideal untuk penerbangan regional.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper