Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petrochina Target Kerek Produksi Blok Jabung hingga 50.000 Boepd

PetroChina berencana untuk meningkatkan produksi di atas 50.000 barel setara minyak per hari (boepd) lewat sejumlah pengembangan dan inovasi di Blok Jabung.
Ilustrasi platform migas/Dok. SKK Migas
Ilustrasi platform migas/Dok. SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA — PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) berencana untuk meningkatkan produksi di atas 50.000 barel setara minyak per hari (boepd) lewat sejumlah pengembangan dan inovasi di Blok Jabung.  

PCJL menggandeng sejumlah mitra kerja Jabung, seperti PT Pertamina Hulu Energi Jabung, Petronas Carigali (Jabung) Ltd., PT GPI Jabung Indonesia, dan PT Raharja Energi Tanjung Jabung, untuk mengeksekusi pengeboran sembilan sumur pengembangan dan aktivitas eksplorasi di NEB BASE-3. 

Hingga Juni 2024, PCJL telah memulai tajak di 5 sumur pengembangan. Sementara itu, program eksplorasi di NEB BASE-3 dan survei seismik 3D & 2D di wilayah timur Wilayah Kerja Jabung sedang dilaksanakan. 

“Saat ini, survei seismik bersiap memasuki tahapan recording. Serangkaian tes di sumur eksplorasi NEB BASE-3 juga masih berlangsung,” kata President Director PCJL Qian Mingyang lewat siaran pers, Senin (8/7/2024). 

Qian berharap sejumlah program pengembangan serta eksplorasi itu bisa meningkatkan capaian produksi dari Blok Jabung nantinya. 

Survei seismik 3D & 2D dimulai pada Desember 2023 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Survei 3D dilaksanakan di Prospek Ketemu dan Rukam, sedangkan survei 2D dilakukan di sejumlah area di wilayah timur Jabung.

Program pengembangan lainnya pada 2024 meliputi kegiatan perawatan sumur, pembangunan fasilitas produksi tambahan, dan perbaikan rutin beberapa kompresor.

Dalam masa perpanjangan kontrak Wilayah Kerja Jabung tahun 2023 – 2043. PCJL berkomitmen mewujudkan komitmen kerja pasti (KKP), termasuk berinvestasi dalam studi pre-feasibility enhanced oil recovery (EOR)

“Kami juga membuka peluang untuk terlibat di lebih banyak wilayah kerja migas di Indonesia,” Qian menambahkan.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi. D. Suryodipuro meminta KKKS terus melaksanakan komitmen eksplorasi dan eksploitasi sesuai dengan usulan wpnb tahun 2024. 

Menurut hudi, Wilayah Kerja PetroChina di Jambi, masih memiliki potensi cadangan yang besar dan menjanjikan untuk terus dikembangkan sehingga dapat meningkatkan produksi minyak dan gas bumi.

“SKK Migas terus mendorong kegiatan pemboran sumur eksplorasi dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” kata Hudi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper