Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Ingin Tol Bali Utara Rampung di 2029, Ini Kata PUPR

Kementerian PUPR menjawab kabar mengenai wacana pembangunan Jalan Tol Bali Utara yang disebut akan rampung pada 2029.
Tol Bali Mandara/Istimewa
Tol Bali Mandara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono (Yongki) menjawab kabar mengenai wacana pembangunan Jalan Tol Bali Utara yang disebut akan rampung pada 2029.

Asal tahu saja, kabar mengenai rencana konstruksi Tol Bali Utara pertama kali disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Dia menyebut, Tol Bali Utara direncanakan dibangun dalam rangka pemerataan pariwisata.

Sandi mengharapkan rencana pembangunan jalan tol di Bali Utara bahkan dapat masuk dalam proyek prioritas dan diharapkan rampung pada akhir 2029.

“Yang kita laksanakan adalah Gilimanuk - Mengwi, dari barat ke timur [wilayah Bali]. Kita belum sampai ke sana (Bali Utara),” tutur saat Triono ditemui di Menara Mandiri 2, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Yongki menjelaskan, saat ini pemerintah masih akan fokus membangun backbone utama di jaringan tol Bali tersebut.

Namun demikian, dia tak menampik kemungkinan pembangunan Jalan Tol Bali Utara tersebut. Hanya saja, prosesnya masih panjang dan menunggu hasil kajian rampung dilakukan.

“Nanti setelah itu [jaringan backbone] selesai, kalau ternyata demand-nya ada, ya kita baru melaksanakan kajian untuk yang lain-lain,” tegasnya.

Hal senada juga sempat disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Dia menyebut, saat ini yang menjadi prioritas pembangunan konektivitas di wilayah Bali yakni Tol Gilimanuk – Mengwi.

"Yang lagi PQ [prakualifikasi] dari Mengwi ke Gilimanuk kan? Kalau Bali Utara belum," jelasnya singkat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper