Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Scoot Airlines Akhirnya Buka Rute Singapura-Kertajati

Pendaratan pesawat Scoot pada Sabtu (28/9/2024) tersebut menandai mulai dibukanya rute penerbangan baru, yaitu Singapura-Kertajati (PP).
Maskapai Scoot Airlines mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka pada Sabtu (28/9/2024). JIBI/Bisnis
Maskapai Scoot Airlines mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka pada Sabtu (28/9/2024). JIBI/Bisnis
Bisnis.com, BANDUNG -- Maskapai Scoot Airlines mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. 
Pendaratan pada Sabtu (28/9/2024) tersebut menandai mulai dibukanya rute penerbangan baru, yaitu Singapura - Kertajati dan sebaliknya (PP). Scoot Airlines dengan nomor penerbangan TN 292 berangkat dari Changi Airport Singapura dan tiba di Bandara Kertajati, Majalengka pukul 16.35 WIB. 
Kedatangan pesawat yang membawa COO Scoot Calvin Chan beserta penumpang disambut Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan sejumlah pejabat di wilayah Ciayumajakuning.
Calvin Chan mengatakan Kertajati menjadi kota ke-10 di Indonesia yang memiliki rute penerbangan Scoot. Menurutnya Indonesia merupakan pasar yang penting bagi penerbangan komersial.
"Sampai sekarang Scoot sudah terbang ke sembilan kota ditambah Kertajati. Jadi ada sepuluh destinasi, dari Sumatera, Jawa, dan lebih banyak kota di Indonesia," katanya. 
Calvin menilai penting bagi Scoot membuka rute dari dan menuju Kertajati sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia BIJB. Menurutnya, posisi BIJB Kertajati strategis sebagai gerbang wisatawan, khususnya di wilayah Jawa Barat. 
"Kertajati sebagai destinasi sangat menarik untuk Scoot, karena menjadi gerbang untuk Bandung yang menawarkan destinasi wisata dengan keindahan bentang alam, seni budaya, dan lain-lain. Kehadiran Scoot di Kertajati memudahkan wisatawan berkunjung langsung ke Singapura atau sebaliknya," katanya.
Calvin juga membuka peluang penumpang dari negara-negara lain yang dilayani rute penerbangan Scoot bisa terbang dari dan ke Kertajati-Singapura.
 "Kami berharap rute baru ke Kertajati bisa menghubungkan orang, karena membuka banyak kesempatan untuk bisnis dan meningkatkan kunjungan wisata. Sehingga berdampak positif kepada perekonomian," katanya.
COO Scoot Airlines Calvin Chan. JIBI/Bisnis
COO Scoot Airlines Calvin Chan. JIBI/Bisnis
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyebut rute baru tersebut menjadi momentum meningkatnya aktivitas penerbangan Bandara Kertajati. "Kami harap ini jadi momentum dari keramaian Bandara ini," ujar Bey.
Pada tahap awal ini Scoot Airlines yang merupakan anak perusahaan dari Singapura Airlines tersebut melayani penerbangan ke Kertajati sebanyak dua kali dalam seminggu. Namun, Bey optimistis mendatang rute tersebut meningkat menjadi setiap hari.
"Baru dua kali dalam seminggu tapi kami harap akan terjadi peningkatan setiap hari ada," ucapnya.
Dia meyakini kunjungan wisatawan ke destinasi di Jabar akan meningkat dengan  rute baru ini. Pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar untuk gencar mempromosikan pariwisata Jabar ke Singapura.
"Mudah-mudahan kunjungan ke destinasi wisata Jabar juga meningkat, kan banyak wisata kita yang bagus-bagus. Saya sudah minta ke Disparbud Jabar untuk terus mempromosikan wisata Jabar ke Singapura," tuturnya.
Selain itu dalam waktu dekat tim sepak bola kebanggaan warga Jabar Persib Bandung akan melakoni laga tandang melawan tim dari Singapura pada AFC Championsip League 2. Hal ini memungkinan tim Persib akan terbang dari Bandara Kertajati.
"Nanti juga persib kan akan main di Singapura mudah-mudahan berangkat dari sini juga dan 'Bobotoh'-nya," kata Bey.
Bey berharap hadirnya maskapai Scoot Airlines menjadi pemicu hadirnya maskapai lain ke Kertajati baik dari luar maupun dalam negeri.
"Scoot aja mau ke sini, mudah-mudahan hadirnya Scoot ini menarik maskapai lainnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper