Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gencar Berantas Korupsi, Xi Jinping Sudah Tangkap 46 Pejabat Pemerintahan

Kampanye pemberantasan korupsi yang dilakukan Presiden China Xi Jinping telah menyeret banyak pejabat senior selama dua tahun berturut-turut.
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesan Tahun Baru melalui China Media Group dan Internet pada Minggu malam (31/12/2023) di Beijing untuk menyambut Tahun Baru 2024. Dok Xinhuan
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesan Tahun Baru melalui China Media Group dan Internet pada Minggu malam (31/12/2023) di Beijing untuk menyambut Tahun Baru 2024. Dok Xinhuan

Bisnis.com, JAKARTA - Kampanye pemberantasan korupsi yang dilakukan Presiden China Xi Jinping telah menyeret banyak pejabat senior selama dua tahun berturut-turut.

Hal ini menyoroti risiko yang dihadapi para birokrat dan berpotensi meningkatkan kekhawatiran para investor yang sudah cemas terhadap kondisi perekonomian Negeri Panda.

Mengutip Bloomberg pada Kamis (10/10/2024), Central Commission for Discipline Inspection (CCDI) mengumumkan Nama Chen Xiaobo, wakil kepala pengawas korupsi provinsi di Hainan, sedang diselidiki atas dugaan pelanggaran serius.

Penyelidikan ini menjadikan jumlah total pejabat senior pemerintah yang menjadi sasaran pemberantasan korupsi Xi sejak Januari menjadi 46 orang, melampaui rekor tahun lalu sebanyak 45 orang, dengan sisa waktu dua bulan lagi.

Penyelidikan yang tercatat menunjukkan semakin dalamnya intensitas upaya anti-korupsi yang menjadi ciri khas Xi, yang dia gunakan untuk mendisiplinkan Partai Komunis yang berkuasa dan menghilangkan saingan politik sejak menjabat pada tahun 2012. 

Pemimpin paling berkuasa di China sejak Mao Zedong itu berjanji pada awal 2024 untuk melakukan hal tersebut. menunjukkan sikap tidak ada ampun dalam memerangi korupsi di sektor-sektor penting seperti keuangan, energi, farmasi dan infrastruktur. 

Secara khusus, China terus memperketat cengkeramannya atas industri keuangan senilai $66 triliun, dengan menyebut para bankir sebagai hedonistik dan membentuk komite kerja korupsi keuangan baru, yang menunjukkan adanya dorongan untuk melakukan pengawasan yang lebih permanen terhadap sektor ini.

Misalnya, CCDI pada Juni lalu membuka penyelidikan terhadap Xu Zuo, wakil manajer umum konglomerat keuangan milik negara Citic Group. Tokoh keuangan lain yang diperiksa tahun ini termasuk Lou Wenlong, mantan wakil presiden Bank Pertanian China, dan Li Jiping, mantan wakil presiden Bank Pembangunan China.

CCDI juga menyelidiki mantan menteri pertanian Tang Renjian pada bulan Mei, menjadikannya menteri ketiga yang digulingkan dari kabinet saat ini, sebuah langkah pemecatan yang jarang terjadi.

Seperti yang ditunjukkan dalam pengumuman hari Kamis, bahkan staf CCDI sendiri pun tidak dikecualikan dari pemberantasan korupsi. Penyelidikan terhadap pembasmi korupsi tingkat provinsi, Chen Xiaobo, dilakukan setelah penyelidikan terhadap Li Gang, kepala tim inspeksi CCDI di departemen sumber daya manusia Partai Komunis, pada akhir bulan lalu.

Adapun, jumlah penangkapan ini tidak termasuk dua mantan menteri pertahanan China yang dicopot oleh Politbiro. Badan beranggotakan 24 orang tersebut mencopot Menteri Pertahanan Li Shangfu, yang pernah bekerja di departemen pengembangan peralatan, dan pendahulunya Wei Fenghe.

Adapun, pemerintahan Xi telah memecat setidaknya 18 tokoh senior militer sejak membuka penyelidikan korupsi pada musim panas lalu terkait pembelian perangkat keras sejak tahun 2017.

Sebagai indikasi jelas kekhawatiran Beijing terhadap pengadaan senjata di negaranya, Partai Komunis menyerukan perubahan pada sistem pengadaan militer pada Sidang Pleno Ketiga yang diadakan Juli lalu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper