Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMEXPO 2024 Ajang Exposure UMKM Binaan Pertamina

Pertamina kembali menggelar Pertamina Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024, mengundang lebih banyak UMKM dari berbagai bidang
Foto: SMEXPO 2024 Ajang Exposure UMKM Binaan Pertamina
Foto: SMEXPO 2024 Ajang Exposure UMKM Binaan Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina kembali menggelar Pertamina Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024, mengundang lebih banyak UMKM dari berbagai bidang.

Tahun ini, SMEXPO diselenggarakan di Palembang, Lampung, Yogyakarta, Makassar, Bandung, dan terakhir di Jakarta pada 22-27 Oktober 2024.

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti mengatakan bahwa pada gelaran yang diselenggarakan selama enam hari ini mengundang total 43 UMKM binaan Pertamina mulai dari segmen fashion, makanan dan minuman, dekorasi rumah, kesehatan, dan produk perawatan tubuh.

Sementara itu, Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan SMEXPO lebih banyak mengundang UMKM yang berbeda-beda setiap tahun dari total 63.000 UMKM binaan Pertamina.

"Jadi kita setiap tahun kan mengajak UMKM yang berbeda-beda, supaya UMKM yang diajak untuk ikut pameran pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk eksposur ke banyak orang. Khususnya yang kita bawa ke Jakarta," terangnya.

Selain itu, dengan mengikuti pameran, para pemilik UMKM juga dapat bertemu dengan pembeli potensial dan belajar lebih banyak terkait manajemen bisnis, pemasaran, dan memperluas jaringan.
Adapun, UMKM yang berhasil melaksanakan pameran adalah yang sudah lulus kurasi dan akan mengikuti pembinaan dari Pertamina selama 7 bulan.

"Jadi tentu UMKM-nya kita kurasikan, itu ada kriterianya. Nanti ketika yang memang sudah lulus seleksi, akan kita bina selama 7 bulan. Lalu setelah itu baru mereka bisa on-board menjadi Mitra Binaan UMKM Pertamina," lanjutnya.

Fadjar juga mengungkapkan target transaksi tahun ini bisa mencapai lebih dari Rp15 miliar, yang merupakan capaian pada 2023.

"Tahun lalu itu kita mencatatkan transaksi Rp15 miliar yang bersumber dari penyelenggaraan SMEXPO di 5 kota. Sementara tahun ini kan 6 kota, jadi kita harapkan tahun ini angkanya bisa meningkat," ujarnya usai pembukaan Pertamina SMEXPO 2024 di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Menteri UMKM Maman Abdurrahman juga berharap dengan Pertamina SMEXPO bisa menjadi contoh bagi BUMN dan perusahaan lain untuk turut mendukung UMKM, untuk mencapai cita-cita Presiden Prabowo meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai 8%.

"Di Pertamina SMEXPO ada 43 pelaku UMKM dari total 63.000 pelaku UMKM di bawah binaan Pertamina. Melihat dari satu koporasi saja, bisa membina segitu banyak. Saya meyakini akan ada banyak Pertamina lainnya yang siap jadi bapak asuh pada UMKM kita, saya meyakini target 8% itu Insyaallah tercapai," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper