Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Gelar Uji Kelaikan Pesawat Haji, Ini Hasilnya!

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah memeriksa sebanyak 10 pesawat untuk penerbangan haji di lima lokasi bandara.

Bisnis.com, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah memeriksa sebanyak 10 pesawat untuk penerbangan haji di lima lokasi bandara.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti menyampaikan bahwa pemeriksaan pesawat di wilayah ramp (ramp check) untuk penerbangan haji itu guna memastikan pelaksanaan keberangkatan  angkutan haji 2019. 

Laporan hasil ramp check per 7 Juli 2019, menurutnya, telah diperiksa jenis pesawat Boeing B747-400 sebanyak enam kali, Boeing B777 – 300 jumlah pemeriksaan satu kali, Boeing B737-800 NG jumlah pemeriksaan dua kali, dan Boeing B737 – 900 ER jumlah pemeriksaan satu kali.

Lima bandara yang jadi lokasi ramp check adalah Bandara Soekarno – Hatta Cengkareng, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Juanda Surabaya.

“Kami berusaha agar pada musim haji tahun ini berjalan lancar tanpa adanya kendala serta penerbangan yang mengacu pada tiga aspek yakni safety, security, service dan compliance,” jelasnya dalam siaran pers, Senin (8/7/2019).

Untuk mendukung pelaksanaan program Haji 2019, dia telah melakukan rapat persiapan angkutan haji secara nasional melakukan simulasi flow keberangkatan jemaah haji, serta memonitoring setiap keberangkatan jemaah calon haji.

Menurutnya, proses ramp check dilakukan oleh para Inspektor dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) serta Inspektor Otoritas Bandar Udara (OBU), meliputi inspektor penerbangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper