Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Ungkap Fakta Optimisme Konsumen Anjlok PascaLebaran

Bank Indonesia (BI) mencatat optimisme konsumen terkait kondisi ekonomi turun pascaLebaran. Ini pemicunya.
Sejumlah kios pakaian di Pasar Tanah Abang Blok A dan Blok B mulai tutup dan pengunjung berkurang dua hari sebelum lebaran./ Bisnis -  Dwi Rachmawati
Sejumlah kios pakaian di Pasar Tanah Abang Blok A dan Blok B mulai tutup dan pengunjung berkurang dua hari sebelum lebaran./ Bisnis - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi turun pascaLebaran atau Hari Raya IdulFitri 2024. 

Meski demikian, Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI menyampaikan bahwa kondisi tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2024 sebesar 125,2 dan berada dalam level optimis (>100).

IKK pada Mei 2024 tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 127,7.

“Survei Konsumen BI pada Mei 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (10/6/2024).

Erwin menyampaikan, tetap kuatnya keyakinan konsumen pada Mei 2024 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). 

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Mei 2024 tercatat masing-masing sebesar 115,4 dan 135,0, meski turun dari masing-masing sebesar 119,4 dan 136,0.

“Kedua indeks tersebut tetap kuat didukung oleh optimisme pada seluruh komponen pembentuknya,” jelas Erwin.

Jika dirincikan, Erwin menyampaikan bahwa tetap terjaganya IKE terutama didorong optimisme pada semua komponen pembentuknya, tertinggi pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat sebesar 119,9. 

Sementara itu, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (Durable Goods) tetap terjaga pada area optimis, masing-masing sebesar 113,6 dan 112,7.

Lebih lanjut, IEK terutama ditopang oleh ekspektasi penghasilan sebesar 139,0, sementara ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha juga tercatat berada dalam zona optimis masing-masing sebesar 134,5 dan 131,6.

Adapun, pada Mei 2024, keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran. Optimisme tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1-5 juta. 

Berdasarkan usia, keyakinan konsumen juga terpantau optimis pada seluruh kelompok usia. Secara spasial, IKK meningkat di beberapa kota yang disurvei, terbesar di Kota Manado sebesar 9,6 poin, diikuti Makassar 5,8 poin, dan DKI Jakarta 2,8 poin.

Di sisi lain, sebagian besar kota lainnya mencatat penurunan IKK, terutama di Kota Pontianak sebesar 7,6 poin, diikuti Medan 6,9 poin, dan Banten 6,7 poin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper