Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barisan Negara Tujuan Favorit Turis China untuk Liburan Musim Panas, Ada Indonesia?

Berikut daftar negara-negara tujuan utama turis China untuk menghabiskan liburan musim panas tahun ini.
Bangkok, Thailand/Istimewa
Bangkok, Thailand/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Turis asal China gencar mencari negara yang menawarkan wisata terjangkau untuk liburan musim panas tahun ini. Jepang dan Thailand berada di daftar utama tujuan favorit para turis asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dilansir Bloomberg pada Jumat (22/4/2024), Korea Selatan dan Jepang mencatatkan kenaikan jumlah wisatawan asal China setelah mata uang kedua negara tersebut melemah terhadap yuan.

Sementara data Cirium dan ForwardKeys, negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Thailand menawarkan akses masuk tanpa visa dengan biaya yang relatif murah.

Amy Li, seorang WN China yang tinggal di Chengdu, saat ini merencanakan perjalanan 9 hari ke Malaysia pada bulan depan Bersama suami dan dua orang anaknya. Dia menyebutkan, biaya perjalanan menjadi alasan utama dia memilih Malaysia dan akan mengunjungi Kuala Lumpur dan pantai di Kota Kinabalu.

"Harganya terjangkau. Saya suka pemandangan laut dan Malaysia tidak terlalu jauh," kata Li.

Pemulihan pergerakan turis asal China usai pandemi Covid-19 menjadi perhatian pasar global karena jumlahnya yang sangat besar dan belanja para wisatawan menjadi penting bagi pemulihan industri pariwisata.

Data pemesanan dan pencarian menunjukkan kenaikan permintaan untuk perjalanan wisata keluar negeri dari wisatawan China pada musim panas ini.

Trip.com Group Ltd. melihat ada peningkatan dua kali lipat dengan penjualan tiket grup keluarga untuk liburan musim panas keluar negeri berkontribusi separuhnya.

Dewan Pariwisata dan Perjalanan Dunia pada awal bulan ini memperkirakan belanja liburan musim panas di China berada di kisaran 1,8 triliun yuan (US$250 miliar) pada pos perjalanan keluar negeri tahun ini. Nilai ini melebihi level sebelum pandemi untuk pertama kali.

Untuk saat ini, turis China belum sepenuhnya kembali pada angka pada 2019 yang tinggi. Tujuan regional untuk periode musim panas Juni dan Agustus akan pulih sekitar 80% dari level 2019, berdasarkan analisis tiket penerbangan per 7 Juni 2024 dari ForwardKeys.

Hanya dua negara di Asia yang akan mampu melampaui angka kunjungan turis China pada 2019, yaitu Singapura dengan pertumbuhan 15% dan Malaysia dengan perkiraan naik 32%.

Sementara, agen perjalanan online yang banyak digunakan pengguna asal China menyebutkan negara-negara Asia yang memiliki kebijakan bebas visa bagi turis China terpantau mengalami pertumbuhan pemesanan tiket, dengan Thailand dan Singapura yang menjadi destinasi populer pada akhir pekan.

Adapun, berikut Top Destinasi Asia untuk Turis China:

  1. Jepang
  2. Thailand
  3. Korea Selatan
  4. Hong Kong
  5. Singapura
  6. Malaysia
  7. Taiwan
  8. Vietnam
  9. Macau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper