Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma'ruf Amin Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B, Investasi Rp10,6 Triliun

Wapres Ma'ruf Amin, meresmikan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Nagrak - Cibitung yang menelan investasi Rp10,6 triliun.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Nagrak - Cibitung pada hari ini, Selasa (9/7/2024).

Dalam laporannya, nilai investasi ruas tersebut dilaporkan mencapai Rp10,6 triliun. Dengan demikian, jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) resmi tersambung penuh.

"Panjang tol ini sepanjang 26,18 kilometer (km) dengan total investasi Rp10,6 triliun, ini merupakan bagian dari JORR 2," kata Wapres saat peresmian Tol Cimanggis - Cibitung, Selasa (9/7/2024).

Beroperasinya jalan tol ini diklaim dapat memangkas waktu tempuh pengendara yang bergerak dari Kabupaten Bogor menuju Cibitung dari 1 hingga 2 jam mencapai 45 menit saja.

Di samping itu, ruas tol ini juga bakal terkoneksi langsung dengan ruas Tol Jakarta - Cikampek. Sehingga, diharapkan dapat mengurai kepadatan di ruas Tol Dalam Kota dan Tol JORR 1, pasalnya kendaraan yang bergerak dari Bogor dapat langsung melintas di tol ini tanpa harus masuk ke Tol Dalam Kota.

"Sehingga, konektivitas antar kawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasi tol Cimanggis - Cibitung dan tol di Japek. Ini akan meningkatkan efisiensi yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawsan dan nasional," pungkas Maruf Amin.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways yang saat ini saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan porsi mencapai 55%, PT Waskita Toll Road 35% dan PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Toll Road masing-masing sebesar 5%.

Ruas Tol Cimanggis – Cibitung terdiri dari 2 Seksi, yaitu Seksi 1A Juction Cimanggis – Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020.

Kemudian, Seksi 2A ruas Jatikarya – SS Cikeas sepanjang 3,50 km yang telah fungsional sejak 16 April 2023 dan Seksi 2B ruas Cikeas – Cibitung sepanjang 19,8 km yang bakal diresmikan pada hari ini.

Sebagai informasi, ruas Tol Cimanggis – Cibitung memiliki total Panjang 26,18 kilometer (Km). Tol ini mulai dibangun sejak 2015, artinya konstruksi rangkaian Tol Cimanggis – Cibitung mencapai 9 tahun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper