Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segera Bertarif

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B ruas Simpang Susun Cikeas – Cibitung bakal ditetapkan bertarif dalam waktu dekat.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) mengungkap Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B ruas Simpang Susun Cikeas – Cibitung bakal ditetapkan bertarif dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT CCT, Indar Barung menuturkan ruas Nagrak – Cibitung hingga saat ini belum dikenakan tarif tol agar masyarakat dapat mencoba dan merasakan secara langsung manfaat dari jalan tol tersebut.  

“Selama dalam masa sosialisasi awal, masyarakat dapat melintas di segmen ini tanpa dikenakan tarif. Namun dalam waktu dekat akan diberlakukan tarif sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1627/KPTS/M/2024,” kata Indar dikutip dari akun Instagram resmi PT CCT, Rabu (24/7/2024). 

Indar mengatakan dengan dioperasikannya Jalan Tol Cimanggis – Cibitung seksi Nagrak – Cibitung dapat memberikan manfaat yang besar bagi Masyarakat. 

Di samping itu, beroperasinya ruas tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi wilayah sekitar jalan tol dan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan industri besar di Jabodetabek.

Untuk diketahui sebelumnya, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung telah resmi beroperasi secara penuh pada 10 Juli 2024. Usai sebelumnya Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin meresmikan ruas Nagrak – Cibitung pada 9 Juli 2024.

Sedikit memberi bocoran, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir menjelaskan tarif ruas Tol Nagrak – Cibitung ditetapkan sebesar Rp2.065 per kilometer (Km).

“Tarifnya Rp46.000 sekan, per kilometernya kan Rp2.065,” imbuhnya. 

Adapun, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung memiliki total panjang mencapai 26,18 km. Tol ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Pembangunannya memakan biaya investasi mencapai Rp10,6 triliun.

Dengan beroperasinya ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B tersebut, maka jaringan JORR 2 sepanjang 111 km resmi tersambung penuh. Di mana, rincian ruas lainnya di antaranya Cengkareng - Kunciran - Serpong - Cinere - Jagorawi - Cimanggis lalu Cibitung - Cilincing sebelumnya sudah beroperasi sepanjang 91,3 km.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper