Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Memanas, Produksi Terganggu Akibat Badai Tropis Francine

Harga minyak dunia terpantau menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (10/9/2024), efek gangguan pasokan akibat badai tropis dan turunnya permintaan China.
Dongkrak pompa mengebor minyak mentah dari Ladang Minyak Yates di Permian Basin, Texas, AS, 17 Maret 2023./REUTERS-Bing Guan
Dongkrak pompa mengebor minyak mentah dari Ladang Minyak Yates di Permian Basin, Texas, AS, 17 Maret 2023./REUTERS-Bing Guan

Bisnis.com, JAKARTA — Harga minyak dunia terpantau menguat pada perdagangan Selasa (10/9/2024) seiring dengan sikap investor mempertimbangkan gangguan pasokan akibat Badai Tropis Francine dan potensi penurunan produksi lebih lanjut terhadap permintaan China yang terus lemah.

Mengutip Reuters pada Selasa (10/9/2024), harga minyak mentah berjangka Brent naik 16 sen, atau 0,22%, menjadi US$72,00 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) AS naik 12 sen, atau 0,17%, menjadi US$68,83 per barel.

Harga kedua jenis minyak acuan tersebut naik sekitar 1% pada perdagangan Senin (9/9/2024) kemarin.

Pergerakan harga minyak dipengaruhi oleh adanya Badai Tropis Francine yang melintasi teluk. Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) memerintahkan penutupan semua operasi di Brownsville dan pelabuhan kecil Texas lainnya pada Senin malam. Sementara itu, Pelabuhan Corpus Christi tetap dibuka tetapi dengan pembatasan.

Badai tropis diperkirakan akan menguat secara signifikan dalam beberapa hari ke depan, dan diperkirakan akan menjadi badai pada Senin malam atau Selasa pagi, menurut National Hurricane Center (NHC).

Exxon Mobil mengatakan pihaknya menutup produksi di anjungan produksi lepas pantai Hoover, sementara Shell menghentikan operasi pengeboran di dua anjungan. Chevron juga mulai menutup produksi minyak dan gas, di dua anjungan produksi lepas pantainya.

"Setidaknya 125.000 barel per hari (bpd) kapasitas minyak berisiko terganggu," kata analis ANZ dalam sebuah catatan, mengutip data dari NHC, dilansir dari Reuters pada Selasa (10/9/2024).

Di tempat lain, pedagang komoditas global Gunvor dan Trafigura mengantisipasi harga minyak mungkin berkisar antara US$60 dan US$70 per barel karena meningkatnya permintaan China dan kelebihan pasokan global yang terus-menerus, kata para eksekutif kepada peserta Konferensi Perminyakan Asia Pasifik (APPEC) pada hari Senin.

Pergeseran China menuju bahan bakar rendah karbon dan lesunya perekonomian mengurangi pertumbuhan permintaan minyak di negara importir minyak mentah terbesar di dunia, kata pembicara konferensi APPEC.

Pertumbuhan permintaan tahunan China telah melambat dari sekitar 500.000—600.000 barel per hari dalam lima tahun sebelum pandemi COVID-19 menjadi 200.000 barel per hari saat ini, kata Daan Struyven, Head of Oil Research di Goldman Sachs.

Margin penyulingan di Asia telah merosot ke level musiman terendah sejak tahun 2020.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper