Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong UMKM Naik Kelas, Pertamina Resmi Buka SMEXPO 2024 di Jakarta

PT Pertamina (Persero) membuka acara Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (22/10/2024).
Foto: Dorong UMKM Naik Kelas, Pertamina Resmi Buka SMEXPO 2024 di Jakarta
Foto: Dorong UMKM Naik Kelas, Pertamina Resmi Buka SMEXPO 2024 di Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membuka acara Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan SMEXPO kali ini telah memasuki tahun kelima. Adapun Jakarta menjadi kota keenam gelaran pameran UMKM binaan Pertamina tersebut.

"Dan hari ini akan diikuti oleh 43 mitra [UMKM] binaan Pertamina sebagai upaya memperkenalkan produk lokal jadi vokal, seperti tema SMEXPO 2024 ini," ucap Brahmantya di lokasi.

SMEXPO 2024 sebelumnya sukses digelar di Palembang, Yogyakarta, Bandung, Makassar, dan Bandar Lampung.

Brahmantya pun menegaskan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejatinya harus merangkul usaha kecil seperti UMKM. Karenanya, SMEXPO 2024 menjadi salah satu wujud perusahaan pelat merah ikut mendorong UMKM naik kelas.

"Salah satu yang bisa menyelamatkan UMKM adalah BUMN, yang tak lain BUMN energi terbesar yang salah satunya Pertamina," katanya.

Pertamina berkomitmen mendorong UMKM naik kelas melalui SMEXPO akan terus digelar pada tahun-tahun mendatang. Hal ini tak lepas agar UMKM bisa naik kelas.

"Ke depan binaan UMKM akan terus dilaksanakan tentunya bekerja sama dengan Kemenkop UKM, Kemendag, BUMN dan kementerian/lembaga lainnya," ucap Brahmantya.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, alasan Pertamina memilih membina UMKM sebagai tanggung jawab sosial karena memiliki dampak ekonomi cukup besar. Terlebih, arahan dari Kementerian BUMN pun adalah mendorong UMKM naik kelas.

Dia menuturkan bahwa lebih dari 60% produk domestik bruto (PDB) Indonesia disumbangkan oleh UMKM. Oleh karena itu, perusahaan pelat merah pun didorong untuk berkontribusi lebih terhadap pengembangan UMKM.

"Salah satunya dengan cara program-program mitra binaan seperti ini yang sudah kita lakukan," kata Fadjar.

Pertamina SMEXPO adalah media bagi UMK Mitra Binaan Pertamina untuk belajar berjualan secara online dan mengembangkan pasar melalui platform e-commerce (marketplace SMEXPO).

SMEXPO menjadi ajang pameran hybrid yang diadakan setiap tahun baik di level nasional maupun level lokal/regional.

Adapun pameran hybrid Pertamina SMEXPO beragendakan UMK exhibition, talkshow, workshop, business matching baik dengan pengusaha lokal maupun internasional dan hiburan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper