Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina SMEXPO 2024 Edukasi Pelaku UMKM Pasarkan Produk Secara Digital

Acara ini tak hanya menghadirkan sejumlah produk UMKM unggulan saja, melainkan juga menjadi wadah edukasi bagi para pelaku UMKM
Foto: Pertamina SMEXPO 2024 Edukasi Pelaku UMKM Pasarkan Produk Secara Digital
Foto: Pertamina SMEXPO 2024 Edukasi Pelaku UMKM Pasarkan Produk Secara Digital

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) kembali menggelar pameran perdagangan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yakni Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 yang digelar 22 Oktober 2024 – 27 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka.

Acara tersebut tak hanya menghadirkan sejumlah produk UMKM unggulan saja, melainkan juga menjadi wadah edukasi bagi para pelaku UMKM. Pada hari ini, Rabu (23/10/2024) para pelaku UMKM dibekali dengan materi pemasaran digital.

Junior Asisten CSR & SMEPP Management PT Kilang Pertamina Internasional, Yoga Pratama menuturkan bahwa marketing digital menjadi salah satu skill yang perlu untuk dimiliki oleh para pelaku UMKM.

Salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya adalah lewat penggunaan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI).

“Menggunakan Chat GPT, ibu – bapak hanya tinggal mengetik saja untuk buatkan caption mengenai produk keripik pedas misalnya, maka captionnya muncul langsung terorganisasi atau sudah di trade sama AI,” tuturnya di Acara Pertamina SMEXPO, Rabu (23/10/2024).

Komponen lain yang perlu menjadi perhatian yakni jam posting produk di media sosial. Di mana, dia menuturkan terdapat 3 jam utama yang bisa dijadikan referensi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Di antaranya yakni jam 07.00 WIB, 12.00 WIB, dan 18.00 WIB. Akan tetapi, Yoga menuturkan jam tersebut tetap dapat bergerak dinamis. Karenanya, para pelaku UMKM tetap perlu melakukan analisis data secara berkala untuk mengetahui jam-jam strategis yang memiliki peluang jumbo.

Terakhir, yang perlu menjadi perhatian para pelaku UMKM kala menjajakan produknya di media sosial yakni tagar. Keberadaan tagar bakal mendorong cakupan tayangan ke sejumlah kalangan.

“Kemudian hashtag ini masih saya cantumkan karena ini juga bisa pada saat menggunakan tagar, misalnya saya pengen keripik singkong, kalau ibu-ibu tak menggunakan hashtag saat megupload produknya otomatis tak akan menguasai pencarian. Tapi kalau menggunakan tagar jadi orang-orang nanti akan ada dimunculkan ke hashtag yang sesuai,” tegasnya.

Selain itu, para pelaku UMKM juga diedukasi untuk menjajakan produknya lewat fitur live. Hal itu untuk memperkuat kemungkinan produk makin dilirik para calon pembeli.

Untuk diketahui sebelumnya, Pertamina SMEXPO ini melibatkan 43 UMKM Binaan Pertamina di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri UMKM Maman Abdurrahman mengapresiasi gelaran Pertamina SMEXPO 2024 sebagai salah satu upaya untuk membina UMKM agar lebih berdaya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina SMEXPO 2024 menyebut total perputaran uang dalam gelaran Pertamina SMEXPO 2024 dapat tembus Rp15 miliar.

Dia menuturkan, target tersebut dibidik seiring dengan torehan omset penjualan UMKM pada SMEXPO 2023 mencapai Rp14,9 miliar.

"Jadi kami harapkan transaksinya bisa lebih dari Rp14,9 miliar ya dibanding tahun lalu," ungkap Fadjar.

Adapun, pameran retail selama enam hari di Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini akan menampilkan ratusan produk UMKM, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Pengunjung dapat menikmati tidak hanya beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan berbagai kegiatan seru sepanjang acara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper