Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina SMEXPO 2024 Bagikan Strategi Atur Modal Usaha Anti Boncos

Pertamina SMEXPO 2024 bagikan tips keuangan bagi UMKM: budgeting, cash flow, laporan keuangan, dan proteksi usaha
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 11:42
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui gelaran Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 membagikan kiat-kiat mengatur modal usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

CEO & Principal Consultant Zapfinance Prita Hapsari Ghozie menyampaikan, langkah pertama yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengatur keuangannya adalah dengan melakukan perencanaan anggaran atau budgeting.

“Pertama, harus bisa budgeting,” kata Prita dalam agenda Pertamina SMEXPO 2024, Jumat (25/10/2024).

Kedua, pelaku UMKM harus bisa mengelola cash flow atau arus kas. Dia mengibaratkan arus kas sebagai darah yang mengalir dalam usaha yang sedang dibangun oleh pelaku usaha. Menurutnya, tanpa adanya arus kas, pelaku usaha akan sangat sulit untuk mengelola bisnisnya.

Langkah selanjutnya adalah memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Prita menuturkan, cara paling mudah adalah dengan memisahkan rekening bank pribadi dan bisnis. Selain itu, pemilik usaha wajib menentukan gaji yang diterimanya, utamanya pemilik usaha yang terjun langsung mengelola bisnisnya.

“Artinya kalau bapak ibu juga ikut mengelola usahanya, bapak ibu perlu narik gaji. Berapa ratus ribu, tetap harus digaji,” tuturnya.

Berikutnya adalah mencatat modal pemilik usaha. Tujuannya, untuk bisa menghitung kapan titik impasnya atau break even point (BEP). Sebagai informasi, BEP merupakan titik impas atau balik modal, yaitu kondisi ketika perusahaan tidak mengalami keuntungan atau kerugian.

Memiliki laporan keuangan menjadi hal wajib yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha. Dalam membuat laporan keuangan, Prita menekankan pentingnya membuat laporan laba rugi atau income statement, neraca keuangan (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement). Dengan adanya ketiga laporan ini, menurutnya akan memudahkan pelaku usaha dalam mengatur keuangan usahanya.

Prita juga menekankan pentingnya mengelola utang, manajemen pajak, dan dana darurat. Terkait dana darurat, dia menuturkan bahwa pemilik usaha wajib memiliki dana darurat, minimal 12 kali pengeluaran rutin bulanan. Dalam hal ini, pengeluaran rutin pribadi dan operasional usaha.

Terakhir, wajib memiliki proteksi, misalnya asuransi. “Karena pengusaha itu kalau sakit nggak ada yang ngurusin tetapi kalau karyawan yang sakit kita yang report. Makanya jangan sampai nggak punya proteksi,” pungkasnya.

Pertamina SMEXPO 2024 merupakan pameran retail nasional yang melibatkan 43 UMKM Binaan Pertamina. Pameran yang di gelar selama enam hari di Mall Kota Kasablanka, Jakarta itu bertujuan memberdayakan UMKM mitra binaannya.

Ratusan produk UMKM ditampilkan, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Pengunjung tidak hanya menikmati beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan berbagai kegiatan seru sepanjang acara.

“Berbagai aktivitas ini dilakukan guna menyosialisasikan produk-produk UMKM berkualitas binaan Pertamina kepada masyarakat umum dan para stakeholders. Kami berharap berbagai kegiatan ini bisa meningkatkan akses pasar UMKM,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper