Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memilih dan Membeli Hewan Kurban Jelang Iduladha

Pilihlah hewan kurban yang sehat dan aman untuk dibagikan kepada banyak orang dalam perayaan Iduladha.
Penjualan hewan kurban tahun 2023 cenderung naik. Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI) mengungkap penjualan hewan kurban untuk Iduladha tahun 2023 meningkat 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. JIBI/Bisnis-Nizar Fachri Rabbanirn
Penjualan hewan kurban tahun 2023 cenderung naik. Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI) mengungkap penjualan hewan kurban untuk Iduladha tahun 2023 meningkat 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. JIBI/Bisnis-Nizar Fachri Rabbanirn

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Iduladha semakin dekat, banyak umat muslim yang akan melakukan kurban melalui seekor kambing, domba, dan sapi. Simak tips untuk membeli hewan kurban.

Perayaan kurban menjadi kesempatan emas bagi umat muslim, dalam mengejar banyak pahala dan memperbanyak amalan kebaikan semasa hidup. Anjuran berkurban disampaikan langsung dalam alquran surah Al-Kautsar ayat 2 "Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah." 

Melansir dari baznas.go.id, Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sampai beliau wafat. Ketentuan kurban sebagai sunnah muakkadah dikukuhkan oleh Imam Malik dan Imam al-Syafi'i.

Sedangkan Imam Abu Hanifah memiliki pendapat bahwa ibadah kurban dapat dilakukan oleh masyarakat yang mampu dan tidak dalam keadaan safar (bepergian), hukumnya adalah wajib. (Ibnu Rusyd al-Hafid: tth: 1/314).

Dilansir dari unv.com.bd, bagi Anda yang memiliki rezeki dan niat untuk berkurban, maka pilihlah hewan kurban yang sehat dan aman untuk dibagikan kepada banyak orang.

Berikut tips yang tepat sebelum membeli hewan qurban:

1. Mengetahui usia hewan

Usia merupakan faktor yang penting dalam memilih hewan qurban. Untuk satu ekor sapi, minimal usia yang dapat dikurbankan adalah 2 tahun dan harus memiliki dua gigi seri secara permanen. Usia maksimal dari satu ekor sapi yang dapat dikurbankan adalah 5 tahun, dengan kategori sehat dan layak.

Usia minimal pada kambing yang dikurbankan adalah satu 1-5 tahun, dan untuk domba jika dalam usia 6 bulan sudah terlihat besar, maka sudah dapat dikurbankan.

2. Melihat dari sisi kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu syarat terpenting bagi sebuah hewan qurban. Sebelum membeli, pastikan hewan tersebut terlihat sehat secara fisik dan bagian dalam. Periksa bagian kaki, kuping, tanduk, dan alat kelamin dari jenis hewan tersebut. Jika semuanya terlihat sehat, maka hewan tersebut aman untuk dikurbankan.

3. Pernapasan yang normal

Umumnya hewan-hewan yang dikatakan sehat, mampu bernapas sebanyak 10-35 kali dalam satu menit. Dalam hal in, hewan kurban jenis sapi akan melakukan pernapasan secara normal sebanyak 10-30 kali dalam semenit, kambing bernapas sebanyak 25-35 kali dalam semenit, dan domba sebanyak 10-20 kali dalam semenit.

4. Pastikan membeli hewan melalui peternakan

Umat muslim diperintahkan untuk membeli hewan kurban dalam peternakan, demi menjaga kualitas hewan yang tetap bersih dan sehat. Hewan-hewan yang dijual dalam peternakan, tentunya mendapatkan perawatan yang tepat dari segi makanan, vitamin, dan terhindar dari paparan virus. Jangan membeli hewan kurban yang dijual secara liar atau bebas, untuk menghindari paparan virus dan kelayakan hewan saat dikurbankan.

5. Memilih hewan kurban yang tidak kurus

Sebelum membeli hewan kurban, sebaiknya memilih jenis hewan dengan bobot yang cukup dan layak untuk dibagikan kepada banyak orang. Usahakan membeli hewan kurban yang tidak kurus, kusam, dan pancaran mata terlihat bersinar. Hal yang diperlukan adalah menyesuaikan bujet, supaya hewan yang dibeli termasuk dalam kategori yang layak untuk dikurbankan.

6. Hewan tidak dalam kondisi hamil

Umumnya, setiap perayaan kurban jenis hewan betina dan dalam kondisi hamil tidak digunakan. Hal  ini dilarang keras oleh agama Islam, dan menganjurkan untuk memilih  hewan kurban dengan jenis kelamin jantan yang sehat, serta tidak cacat secara fisik.

7. Perhatikan lokasi pembelian

Memperhatikan lokasi pembelian hewan kurban, menjadi salah satu alasan untuk memilih dan membeli hewan secara tepat. Anda harus membeli di tempat yang bersih, baik dari pengelolaan makanan, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar. Hindari pembelian hewan kurban pada tempat yang dipenuhi oleh sampah, dan kotoran yang ada di sekitar tempat tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper