Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Saran dari Budi Karya agar Tiket Pesawat Turun

Budi Karya mengatakan kebijakan terkait pajak suku cadang memiliki efek ganda seperti penurunan harga tiket dan penyedia lapangan pekerjaan.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi /Bisnis/Abdurachman
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi /Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan perbaikan pengadaan dan distribusi avtur serta pengenaan pajak bagi industri penerbangan akan dapat menekan harga avtur dan tiket pesawat

Menhub Budi Karya menjelaskan terdapat beberapa rencana yang sudah dapat dieksekusi untuk menekan harga tiket seperti kebijakan pajak suku cadang dan PPN serta multiprovider avtur

“Ada beberapa hal ketentuan yang harus diperbaiki. Kalau itu bisa diperbaiki, maka ada penurunan avtur yang cukup signifikan yang berdampak juga pada penurunan harga tiket,” kata Budi Karya di Komplek DPR Senayan, Jumat (20/9/2024). 

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan kebijakan terkait pajak suku cadang memiliki efek ganda seperti penurunan harga tiket dan penyedia lapangan pekerjaan. Pembahasan terkait pajak ini, kata Budi sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan. 

“Jadi kalau dikenakan pajak, maka pesawat-pesawat yang dari Indonesia pun malah diperbaiki di luar negeri,” kata dia. 

Kemudian terkait dengan PPN, Budi menyebut jika PPn dapat dihilangkan tetapi akan berdampak pada pajak-pajak lain yang berkaitan. 

Poin kedua yaitu terkait multiprovider avtur, Budi menyebutkan provider selain Pertamina dapat menjual avtur. Hal tersebut juga merupakan rekomendasi dari KPPU. 

“Itu ada rekomendasi KPPU bahwa avtur harus multiprovider. Jadi yang lain juga boleh mengusahakan avtur juga,” kata dia. 

Pada pemberitaan Bisnis sebelumnya, Pemerintah tengah menyiapkan regulasi yang akan memberikan kemudahan bagi badan usaha di luar Pertamina untuk dapat ikut dalam bisnis penyediaan bahan bakar pesawat avtur di bandara dalam negeri.  

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan bahwa berdasarkan hasil rapat koordinasi di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, pemerintah akan menerapkan sistem multiprovider avtur untuk mengatasi harga tiket pesawat yang mahal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper