Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keyakinan Konsumen September 2024 Turun, Imbas Masyarakat Tahan Belanja?

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2024 mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dari 124,4 menjadi 123,5.
Pengunjung melintas di salah satu pusat perbelanjaan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bisnis/Abdurachman
Pengunjung melintas di salah satu pusat perbelanjaan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat turun pada September 2024 dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dari 124,4 menjadi 123,5. 

Ekonom Bank Danamon Indonesia Hosianna Evalita Situmorang melihat penurunan ini disebabkan oleh ekspektasi akan penghasilan di momen mendatang yang menurun dari hampir semua kelompok pendapatan. “Sehingga mereka pun relatif berhati-hati dan menahan belanjanya,” ujarnya, Selasa (8/10/2024). 

Sebagaimana diketahui bahwa kelas menegah atas dan kelas atas yang mendorong konsumsi domestik. Hosianna mengungkapkan kelas menegah atas dan kelas atas cenderung menahan belanja dan belum yakin akan prospek penghasilan ke depan. 

Dirinya memperkirakan hal tersebut terjadi akibat suku bunga yang masih tinggi dan adanya kenaikan bahan bakar nonsubsidi pada Agustus 2024. Alhasil, kenaikan harga tersebut menggerogoti keyakinan konsumen dari segmen kelas menengah atas. 

Sejalan dengan penurunan harga bahan bakar nonsubsidi yang dilakukan pada September dan Oktober, Hosianna melihat adanya potensi perbaikan, terlebih telah berlalunya momen tahun ajaran baru. 

“Plus rupiah yang sudah menguat meski memang tengah kembali melemah dan juga prospek adanya ruang penurunan suku bunga global dan spillover dari pemulihan ekonomi China perlahan-lahan,” jelasnya. 

Mengacu hasil Survei Konsumen BI September 2024, secara umum Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat turun 0,1 poin. Sementara untuk Indeks Penghasilan Saat Ini yang mencerminkan kondisi saat ini dibandingkan dengan 6 bulan lalu, terkontraksi 0,5 poin dari Agustus 2024. 

Di sisi lain, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) turun 1,8 poin. Ekspektasi konsumen akan penghasilan dalam 6 bulan mendatang dibandingkan dengan kondisi saat ini turun sebesar 1,8 poin dari 140 (Agustus 2024) menjadi 138,2. 

Kemudian Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja pada periode yang sama juga turun 1,1 poin. Penurunan terdalam tercatat pada Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha yang terkontraksi 2,5 poin. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menyampaikan hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2024 yang berada pada level optimis (>100), yakni sebesar 123,5. Turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 124,4. 

Meski turun, Denny menyampaikan bahwa angka tersebut menunjukkan masyarakat masih optimistis terhadap ekonomi Tanah Air. 

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada September 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/10/2024). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper