Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi KA Blambangan Ekspres Rute Pasar Senen-Ketapang Melonjak

PT KAI mencatatkan peningkatan signifikan jumlah penumpang pada KA Blambangan Ekspres setelah relasinya diperpanjang sejak 26 Juli 2024
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan peningkatan signifikan jumlah penumpang pada KA Blambangan Ekspres setelah relasinya diperpanjang sejak 26 Juli 2024. 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan selama 67 hari dari perpanjangan hingga 30 September 2024, jumlah penumpang mencapai 104.801 orang, meningkat 61,05% dibanding periode 67 hari sebelumnya yang mencatat 65.075 penumpang. Rata-rata penumpang harian juga naik dari 986 menjadi 1.588 penumpang per hari.

“Kami telah meningkatkan kenyamanan penumpang dengan menyediakan leg room yang lebih luas, toilet yang lebih bersih, kereta makan yang nyaman, serta musala,” ujar Anne dalam keterangan resmi, Rabu (9/10/2024). 

Anne mengatakan peningkatan okupansi ini didukung oleh peningkatan fasilitas yang disediakan oleh KAI. KA Blambangan Ekspres kini menjadi salah satu kereta dengan rute terpanjang, menempuh jarak 1.031 km dan terdiri dari dua kelas, yaitu Eksekutif dan Ekonomi.

Perpanjangan relasi ini semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api tersebut, yang berdampak langsung pada peningkatan okupansi.

Selama periode 26 Juli hingga 30 September, okupansi penumpang mencapai 191%, meningkat 74% dibanding periode sebelumnya yang hanya mencapai 117%. Okupansi yang melebihi 100% terjadi karena adanya penumpang dinamis, yaitu mereka yang naik dan turun di antara stasiun-stasiun sepanjang rute.

Selain kenyamanan, efisiensi perjalanan menjadi daya tarik utama bagi para penumpang kereta. Anne mengklaim dengan KA Blambangan Ekspres, penumpang tidak perlu lagi berpindah kereta jika ingin bepergian dari Jakarta ke Banyuwangi. Perjalanan tersebut kini bisa dilakukan hanya dengan satu kereta api. 

Anne juga menyoroti dampak positif perpanjangan rute ini terhadap pariwisata dan perekonomian daerah. 

"KA Blambangan Ekspres akan mendukung pariwisata di Banyuwangi, yang dikenal dengan keindahan alam, bahari, dan budaya lokalnya. Hal ini otomatis akan berkontribusi terhadap perekonomian daerah melalui sektor pariwisata," tutupnya.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang dan optimalisasi fasilitas, KA Blambangan Ekspres diharapkan mampu terus mendukung mobilitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah Banyuwangi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper