Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indef: Mitra Driver GOTO Ketiban Berkah Program Makan Bergizi Gratis

Indef dalam studinya mengungkap, adanya program makan bergizi gratis berdampak positif terhadap pendapatan dan jumlah pemesanan mitra pengemudi GOTO
Petugas kantin tengah menyiapkan makan bergizi gratis bagi anak sekolah SMPN 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Petugas kantin tengah menyiapkan makan bergizi gratis bagi anak sekolah SMPN 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) dalam studinya mengungkapkan, pendapatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terlibat dalam pilot project makan bergizi gratis secara rata-rata meningkat.

Adapun, pilot project program makan bergizi gratis dilakukan di 10 kabupaten/kota yakni Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta Timur, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Solo, dan Surabaya. Uji coba melibatkan mitra pengemudi dari layanan transportasi daring, yang melibatkan GoTo Group sebagai studi kasus.

“Rata-rata peningkatan pendapatan bersih per hari yg di dapat mitra pengemudi di 10 kabupaten/kota, ini yang terlibat dalam pilot project nambah 17% pendapatannya,” kata Esther dalam diskusi publik Indef, Kamis (17/10/2024).

Sebagai informasi, pilot project program makan bergizi gratis dilakukan di 10 kab/kota yakni Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta Timur, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Solo, dan Surabaya.

Dalam paparan yang disampaikan Esther, Medan menjadi kabupaten/kota dengan tambahan pendapatan bersih mitra driver tertinggi. Tercatat, peningkatan pendapatan bersih per hari di Medan mencapai 62,35%, diikuti Makassar 24,40%, Bogor 21,27%, dan Bekasi 18,32%.

Kemudian, Jakarta Timur naik 16,83%, diikuti Semarang 16,13%, Malang 9,66%, Surabaya 5,59%, Solo 5,36%, dan Bandung 3,63%.

Program ini juga berdampak terhadap pemesanan yang diterima oleh mitra driver. Esther mengungkap, rata-rata tambahan pemesanan yang diterima oleh mitra driver di 10 kabupaten/kota yang melaksanakan pilot project sebanyak 3 pemesanan/order.

“Rata-rata tambahan pemesanan yang diterima oleh pengemudi di 10 kabupaten/kota pada saat melakukan pilot project nambah 3 order,” ujarnya. 

Masih dalam paparan yang disampaikan Esther, tercatat tambahan pemesanan mitra driver yang mengikuti pilot project program makanan bergizi gratis mencapai 6 pesanan, Semarang 5 pesanan, Makassar 3 pesanan, dan Bandung 1 pesanan.

Kemudian, tambahan pemesanan mitra driver di Surabaya, Solo, Medan, Bogor, Bekasi sebanyak 2 pesanan, sedangkan Malang tidak mengalami penambahan. Kendati begitu, Esther tidak menjabarkan lebih lanjut alasan tidak adanya penambahan pemesanan di Malang. 

Sebagai informasi, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 dan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) TA 2025 telah mengakomodasi program makan bergizi gratis dalam kebijakan ke depan.

Program yang menyasar peserta didik itu akan dilakukan melalui UMKM lokal sebagai unit penyedia makanan untuk menyediakan makanan bergizi kepada peserta didik penerima manfaat.

Seperti apa saat ini diskusi dengan konsorsium LG apa sudah ada kemajuan untuk pembahasan JV di sisi hulu tambang dan smelter?


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper