Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel Sekitar Candi Borobudur Hampir Penuh Jelang Waisak 2024

Hotel sekitar Candi Borobudur dilaporkan sudah hampir penuh jelang Hari Raya Waisak 2024.
Ilustrasi Candi Borobudur. / Dok. borobudurpark
Ilustrasi Candi Borobudur. / Dok. borobudurpark

Bisnis.com, JAKARTA - Hotel di sekitar kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah sudah hampir penuh di pesan, jelang Hari Tri Suci Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis (23/5/2024).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri Pelepasan Bhikkhu Thudong Jelang Puncak Perayaan Waisak 2024 di TMII, Selasa (14/5/2024).

“Sudah terpesan di lingkar 1, jadi sampai dengan desa wisata sudah semuanya, kamar homestay sudah habis terpesan,” kata Sandi, Selasa (14/5/2024).

Kondisi serupa juga terjadi pada hotel yang dikelola BUMN. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, hotel BUMN di sekitar kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, hampir 90% sudah terisi.

Dia memperkirakan, okupansi hotel di seputar wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang juga akan terisi penuh sebelum 23 Mei 2024.

“Kalau bisa length of stay 5-6 hari,”  ujarnya. 

Adapun sebanyak 40 Bhikkhu akan memulai perjalanan Thudong dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju Taman Wisata Candi Borobudur. Ini dilakukan untuk merayakan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE.

Para Bhikkhu ini tidak hanya berasal dari Indonesia tapi juga dari Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Untuk menghormati dan mendukung perjalanan Thudong, InJourney menggelar penyambutan bagi para Bhikkhu di TMII. Lokasi ini dipilih lantaran mewakili kebudayaan Indonesia.

Prosesi penyambutan dimulai dengan pengambilan Lentera Air di Anjungan Yogyakarta dalam kompleks TMII. Lentera Air itu akan diisi dengan berbagai harapan yang menggambarkan semangat perayaan Waisak kali ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa lintas agama dan pelepasan satwa di Promenade Archipelago. TMII juga menyajikan atraksi Dancing Fountain Show yang merupakan salah satu pertunjukan andalan di TMII.

Acara akan dilanjutkan dengan walking meditation dan larung lentera Harapan Semesta di sekitar Danau Archipelago bersama-sama oleh masyarakat yang hadir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper