Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boeing Segera Rampungkan 24 Jet Tempur F-15EX Pesanan Prabowo

Boeing tengah merampungkan 24 unit pesawat tempur F-15EX pesanan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Jet tempur F-15EX buatan Boeing yang dibeli Kementerian Pertahanan/Boeing
Jet tempur F-15EX buatan Boeing yang dibeli Kementerian Pertahanan/Boeing

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing menyebut tengah merampungkan pesanan 24 unit pesawat tempur F-15EX dari pemerintah Indonesia.

Country Managing Director Boeing Indonesia Zaid Alami mengatakan, pesanan pesawat tersebut sedang dalam tahap finalisasi. Dia menuturkan, pesanan tersebut diajukan langsung oleh Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Kami yakin ini adalah produk yang sempurna untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia," jelas Alami dalam Media Briefing Boeing di Jakarta pada Senin (10/6/2024).  

Dia melanjutkan, pesanan pesawat F-15EX tersebut dikerjakan pada fasilitas perusahaan yang ada di St. Louis, Negara Bagian Missouri, AS. Namun, Alami tidak memerinci besaran nilai pembelian 24 unit pesawat tersebut.

Melalui penjualan ini, Boeing juga berniat memperluas kemitraan dengan para pemangku kepentingan di industri penerbangan Indonesia. Alami menuturkan, pihaknya terbuka dalam melakukan kolaborasi mulai dari pelatihan, maintenance, repair, and overhaul (MRO), hingga pengembangan pada sisi science, technology, engineering and mathematics (STEM).

Mengutip siaran pers dalam laman resmi Kementerian Pertahanan pada Senin (10/6/2024), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali memperkuat TNI dengan menandatangani nota kesepahaman komitmen pada pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari AS pada Agustus 2023 lalu.

Adapun, pesawat jet tempur F-15EX merupakan jet tempur generasi 4.5. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri. Selain itu, pihak AS juga telah memberikan kode khusus bagi Indonesia untuk penggunaan F-15EX, yakni F-15IDN.

Pesawat tempur F-15EX merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama beroperasi. Pesawat tersebut memiliki beberapa keunggulan diantaranya, F-15EX dapat membawa hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) muatan. Ini membuatnya mampu membawa lebih banyak senjata dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya. 

Kemudian, F-15EX juga memiliki kinerja mesin yang tinggi karena dilengkapi dengan mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih kepada pesawat.

Selain itu, struktur pesawat didesain untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang, yang memberikannya keunggulan dalam hal daya tahan dan rentang operasional yang panjang. Kemudian, F-15EX dilengkapi dengan sistem radar canggih dan avionik lainnya yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi yang tinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper