Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Wakil Menteri Investasi, Kadin Harap Modal Asing ke RI Makin Deras

Kadin berharap Wakil Menteri Investasi yang resmi dilantik Presiden Jokowi bisa meningkatkan modal asing ke Indonesia.
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. Bisnis/Himawan L Nugraha
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyebut sederet harapan kepada tiga wakil menteri yang resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Seperti diketahui, Istana Negara telah melantik tiga wakil menteri di akhir jabatan Presiden Jokowi. Tiga wamen tersebut antara lain Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran sekaligus Bendahara Partai Gerindra, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian, menggantikan Harvic Hasnul Qolbi. Selain itu, Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi mendampingi Bahlil Lahadalia.

Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh ketiga wakil menteri yang baru dilantik tersebut dalam menjalankan tugas mendorong perkenomian nasional dan daerah.

"Kadin Indonesia mengucapkan selamat atas pelantikan tiga wakil menteri baru," ujar Arsjad saat dihubungi, Kamis (18/7/2024).

Kadin, kata Arsjad, berharap agar ketiga wakil menteri baru dapat menjalankan tugas dengan baik di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan seperti pelemahan nilai tukar rupiah dan konflik geopolitik yang berisiko mempengaruhi stabilitas ekonomi serta perubahan iklim yang mengancam ketahanan pangan nasional.

"Kadin juga berharap agar Wakil Menteri Investasi [Yuliot Tanjung] dapat menggenjot investasi luar negeri ke Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Thomas dan dua wamen baru, yakni Wamen Pertanian Sudaryono dan Wamen Investasi Yuliot, lalu membacakan sumpah yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Ketiganya resmi menjabat sebagai wamen untuk tiga bulan terakhir pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

Thomas merupakan anggota dari Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Keponakan Prabowo itu bertugas untuk memimpin sinkronisasi kebijakan khususnya ekonomi dan keuangan antara pemerintahan saat ini dan pemerintahan mendatang.

Selain itu, Sudaryono kini resmi menjabat Wamentan untuk tiga bulan terakhir periode pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. Dia akan mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, yang juga belum genap setahun dilantik oleh Presiden Jokowi menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya, politisi Gerindra itu sempat masul radar partainya untuk maju di Pilkada Jawa Tengah. Namanya juga dipertimbangkan oleh rekan satu koalisi Gerindra pada Pilpres 2024, Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian, Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung, yang sebelumnya menduduki jabatan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

Seperti apa saat ini diskusi dengan konsorsium LG apa sudah ada kemajuan untuk pembahasan JV di sisi hulu tambang dan smelter?


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper