Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen AC Bestlife Gandeng China Bangun Pabrik Lokal Rp350 Miliar

PT Berkat Elektrik Sejati Tanggung (BEST) menggandeng perusahaan China, MBO Group untuk membangun pabrik AC di Indonesia.
Ilustrasi produk AC Bestlife/Instagram Bestlife
Ilustrasi produk AC Bestlife/Instagram Bestlife

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen air conditioner (AC) lokal, PT Berkat Elektrik Sejati Tanggung (BEST) menggandeng perusahaan China, MBO Group untuk membangun pabrik AC di Indonesia. 

Hal ini ditandai dengan perjanjian kerja sama dan investasi pabrik produksi AC dengan nilai investasi mencapai Rp350 miliar yang ditargetkan akan rampung dibangun pada 2026 dengan kapasitas 1 juta set AC per tahun. 

Managing Director PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh Andy Arif Widjaja mengatakan, pembangunan pabrik ini menjadi komitmen perseroan berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Target TKDN [tingkat komponen dalam negeri] minimal di 30% untuk tahun pertama dan akan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya," kata Andy kepada Bisnis, Rabu (25/9/2024). 

Dia menerangkan, pabrik AC tersebut nantinya selain untuk memenuhi kebutuhan domestik dan akan juga untuk ekspor ke pasar Amerika dan Eropa. 

Tak hanya itu, pabrik AC tersebut juga akan menjamin kualitas produk yang dirancang khusus sesuai kondisi Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena pusat research & development (R&D) yang juga berada di Indonesia.

Sementara itu, Sail Zhang selaku CEO MBO Group mengatakan, pihaknya merupakan produsen AC nomor 6 terbesar di China dan mampu berkembang dengan sangat cepat. 

"Pada Oktober ini telah menambah satu pabrik AC baru lagi di kota Anqing, China dan merupakan Smart Factory yaitu menggunakan teknologi full robotic tanpa tenaga manusia sehingga saat ini total pabrik yang dimiliki ada tiga," tuturnya. 

Dia menerangkan target dari MBO Group ke depannya yaitu membangun pabrik di Asia Tenggara dengan mengandeng partner lokal dan pilihan tersebut adalah bersama PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper