Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakil Sri Mulyani Temui Wamenkeu China, Bahas Pemerintahan Prabowo hingga Minta Bantuan

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara membahas transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Wamenkeu China Liao Min.
Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu)/kemenkeu.go.id
Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu)/kemenkeu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara melakukan pertemuan dengan Wamenkeu China Liao Min dalam rangkaian kunjungan kerja di Samarkand, Uzbekistan pada Rabu (25/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, keduanya membahas sejumlah topik. Salah satunya, Suahasil ingin memastikan kepada salah satu mitra perdagangan utama Indonesia bahwa transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke presiden terpilih Prabowo Subianto berjalan baik.

“Kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto akan membawa keberlanjutan kebijakan dari pemerintahan sebelumnya dan berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Indonesia ke depan,” ujar Suahasil dalam keterangannya, dikutip Minggu (29/9/2024).

Selain itu, Wakil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ini juga mengusulkan agar Indonesia dan China melakukan high level policy dialogue (HLPD). Apalagi, sambungnya, Indonesia sudah memiliki forum dialog serupa dengan berbagai negara lain seperti Australia, Jepang, dan Arab Saudi

Menurutnya, forum tersebut menjadi penting karena Indonesia dan China dapat membahas berbagai tantangan sekaligus peluang ekonomi bersama seperti dalam sektor perdagangan, investasi, dan pembangunan berkelanjutan. 

“HLPD ini tidak hanya memperkuat hubungan bilateral, tetapi juga memperkuat stabilitas regional dan pembangunan ekonomi di Asia Tenggara dalam mendukung integrasi dan pertumbuhan Asean melalui koordinasi kebijakan dan proyek-proyek kolaboratif,” kata Suahasil.

Mereka juga membahas soal Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Sebagai pemegang saham terbesar di AIIB, Suahasil berharap China dapat memberikan dukungan ke Indonesia.

Dia mencontohkan, AIIB perlu melakukan perluasan operasional di Indonesia. Suahasil mengeklaim bahwa Indonesia sangat menjanjikan sebab memiliki jaringan infrastruktur yang luas dan berbagai inovasi digital. 

"Pembentukan perwakilan AIIB di Indonesia juga dapat meningkatkan pengaruh dan hubungan yang lebih erat dengan negara-negara Asean, yang berpotensi pada kemitraan dan proyek baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suahasil turut mengapresiasi dukungan China kepada Indonesia dalam seleksi Deputy Director 3 di Asean+3 Macroeconomic Research Office (AMRO). Dia meyakini dukungan tersebut akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok dalam kerja sama keuangan regional. 

“Ini merupakan bentuk komitmen bersama terhadap tujuan AMRO untuk memastikan stabilitas keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN+3,” kata Wamenkeu Suahasil.

Sementara kesempatan tersebut, disebutkan Liao Min menyampaikan apresiasi atas transisi pemerintahan Indonesia yang berjalan dengan lancar. Dia juga mengaku akan mengkomunikasikan lebih lanjut ihwal ajakan HLPD.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper