Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Nantikan Kepastian Stimulus Jumbo di China US$283 Miliar Akhir Pekan Ini

China diprediksi akan menggelontorkan stimulus fiskal baru sebanyak 2 triliun yuan atau setara US$283 miliar dalam upaya menopang ekonomi.
Uang kertas pecahan 100 yuan China dalam mesin penghitung mata uang./Bloomberg-Lam Yik
Uang kertas pecahan 100 yuan China dalam mesin penghitung mata uang./Bloomberg-Lam Yik

Bisnis.com, JAKARTA - China diprediksi akan menggelontorkan stimulus fiskal baru sebanyak 2 triliun yuan atau setara US$283 miliar. Dana jumbo ini seiring dengan upaya pemerintah setempat dalam menopang ekonomi dan meningkatkan kepercayaan.

Mengutip Bloomberg pada Jumat (11/10/2024), sejumlah investor dan analis menyebut, dana tersebut kemungkinan akan diperoleh pemerintah setempat dengan menjual lebih banyak obligasi pemerintah.

Berdasarkan survei Bloomberg terhadap 23 pelaku pasar, kabar tersebut kemungkinan diumumkan secepatnya pada hari Sabtu (12/10/2024) oleh Menteri Keuangan China, Lan Fo'an.

Di luar jumlah paket fiskal apa pun, target dukungan akan menunjukkan ke arah mana pemerintah akan mengarahkan perekonomiannya setelah bertahun-tahun melakukan ekspansi yang didorong oleh utang melalui investasi, khususnya di bidang real estate dan infrastruktur.

“Stimulus ini harus bersifat multi-tahun dan menyasar rumah tangga dan bukan memulai kembali kisah pertumbuhan yang didorong oleh investasi real estat. Yang penting adalah fokus stimulusnya, bukan ukurannya,” kata Pushan Dutt, profesor ekonomi di INSEAD.

Adapun, pemerintah China akan menggelar konferensi pers akhir pekan pada Sabtu besok yang akan memperkenalkan langkah-langkah untuk memperkuat kebijakan fiskal. Hal ini terjadi ketika investor menilai seberapa jauh rencana pemerintah untuk melakukan upaya stimulus yang mendorong reli saham yang mengalahkan rekor dunia. 

Selain itu, para pejabat setempat juga merencanakan pertemuan pada hari Senin pekan depan tentang peningkatan dukungan bagi perusahaan. 

China telah memangkas suku bunga dan meningkatkan dukungan untuk properti dan pasar saham dalam serangkaian langkah yang diumumkan pada akhir September. Namun, para investor menuntut intervensi fiskal yang menurut para ekonom penting untuk meningkatkan kepercayaan. 

Saham-saham dalam negeri China tetap berfluktuasi sepanjang minggu ini setelah mengakhiri reli 10 hari pada hari Rabu, karena para pejabat kecewa dengan tidak mengumumkan tidak adanya stimulus baru yang besar setelah libur selama seminggu. Indeks acuan CSI 300 turun lebih dari 1% pada awal perdagangan hari Jumat.

“Lembaga pemerintah kini diperkirakan akan merasakan denyut pasar sebelum menerbitkan kebijakan. Mereka harus menghindari membiarkan ekspektasi naik dan turun sehingga memberikan pukulan terhadap sentimen pasar," kata Ding Shuang, kepala ekonom untuk China dan Asia Utara di Standard Chartered Plc. 

Sebagian besar responden, termasuk ekonom, ahli strategi dan fund manager, memperkirakan stimulus fiskal baru dalam enam bulan ke depan jika Menteri Keuangan Lan Fo’an tidak mengumumkannya pada hari Sabtu besok.

Mereka memperkirakan China akan menjual lebih banyak surat utang pemerintah untuk meningkatkan belanja publik hingga akhir tahun depan, dengan obligasi khusus menjadi pilihan yang paling mungkin. Empat responden mengantisipasi paket yang melebihi 3 triliun yuan.

Sebagian dari stimulus tersebut diharapkan menyasar konsumsi, yang selama ini menjadi titik lemah dalam pemulihan China pascapandemi. Responden mengatakan langkah-langkah tersebut mungkin mencakup beberapa hal, yakni lebih banyak subsidi untuk kelompok sasaran, seperti warga lanjut usia dan masyarakat miskin; Voucher konsumsi; Lebih banyak dukungan untuk keluarga dengan anak-anak; Jaring pengaman sosial yang lebih besar; serta, lebih banyak subsidi untuk pembelian barang konsumsi dan mobil.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper