Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tenaga Kerja Melemah, Bank Sentral Eropa Percepat Laju Pemangkasan Suku Bunga?

Pelemahan pada pasar tenaga kerja di negara-negara zona euro berisiko mendorong European Central Bank (ECB) untuk menurunkan suku bunga lebih cepat.
Kantor pusat Bank Sentral Eropa (ECB), di Frankfurt, Jerman, pada hari Kamis, 12 September 2024./Bloomberg-Krisztian Bocsi
Kantor pusat Bank Sentral Eropa (ECB), di Frankfurt, Jerman, pada hari Kamis, 12 September 2024./Bloomberg-Krisztian Bocsi

Bisnis.com, JAKARTA – Pelemahan pada pasar tenaga kerja di negara-negara kawasan euro atau eurozone setelah bertahun-tahun mengalami ketahanan yang tidak terduga berpotensi mendorong Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) untuk menurunkan suku bunga lebih cepat.

Mengutip Bloomberg, Senin (14/10/2024), meskipun angka pengangguran masih mencapai rekor terendah setelah guncangan inflasi dan perekonomian yang sedang kesulitan, para pengambil kebijakan melihat tanda-tanda perubahan yang membantu meyakinkan mereka untuk kembali melakukan pengurangan biaya pinjaman pada minggu ini.

Meskipun Bank Sentral AS tidak memiliki mandat ganda yang menargetkan stabilitas harga dan lapangan kerja penuh, guncangan terhadap pasar tenaga kerja Eropa dapat berdampak signifikan terhadap prospek inflasi ECB.

Ketika perusahaan-perusahaan besar seperti BASF SE dan Thyssenkrupp AG sudah melakukan pengurangan staf, beberapa pejabat khawatir akan terjadi kemunduran yang tiba-tiba yang dapat semakin mengguncang kawasan yang berada di ambang resesi.

Ekonomi di Point72, Soeren Radde memprediksi ECB akan melakukan pemotongan pada Oktober dan akan terus melakukan hal tersebut ke depannya, meskipun beberapa pihak yang agresif mengatakan tidak ada otomatisitas dalam siklus pelonggaran.

“Mereka berada di jalur itu dan mereka harus berada di jalur itu. Kekhawatiran utamanya sebenarnya adalah pasar tenaga kerja,” jelasnya.

Presiden ECB, Christine Lagarde, pada Juli lalumemuji kekuatan pasar lapangan kerja Eropa sebagai alasan mengapa ECB dapat meluangkan waktu untuk mengumpulkan informasi baru ketika menetapkan kebijakan moneter. Waktu itu tampaknya sudah habis.

Untuk saat ini, data hanya menunjukkan penurunan yang perlahan dibandingkan penurunan yang cepat. Namun, pertumbuhan lapangan kerja melambat menjadi hanya 0,2% pada kuartal kedua dan pangsa pekerjaan kosong turun menjadi 2,6% pada periode yang sama dari puncaknya yang mencapai 3%. 

Sementara itu, survei seperti jajak pendapat bulanan manajer pembelian yang dilakukan oleh S&P Global juga memberikan gambaran yang semakin buruk. 

“Perlambatan dalam lowongan pekerjaan dan laju perekrutan tenaga kerja merupakan sinyal yang harus diperhatikan – ini jelas merupakan motivasi penting bagi The Fed dalam memilih 50 basis poin,” kata Michala Marcussen, Group Chief Economist di Societe Generale, mengacu pada AS penurunan suku bunga pada bulan September.

Kepala bank sentral Portugal, Mario Centeno, yang merupakan seorang ekonom ketenagakerjaan, melihat indikasi awal pelemahan di kawasan euro, beberapa di antaranya menunjukkan tanda-tanda peringatan yang lebih mendesak dibandingkan yang lain. Namun, dia menyebut semuanya mengarah ke arah potensi pembalikan di pasar tenaga kerja.

Bahkan para pejabat yang agresif pun mengakui masalah ini. Anggota Dewan Eksekutif Isabel Schnabel berpendapat berkurangnya minat terhadap personel membuat penurunan inflasi berkelanjutan ke target 2% lebih mungkin terjadi. 

Martins Kazaks dari Latvia telah menandai adanya risiko titik kritis, ketika beberapa perusahaan mungkin mulai membatalkan penimbunan staf karena kondisi perekonomian yang mengecewakan.

“Mungkin akan terjadi efek bola salju,” dia memperingatkan.

Prospek Pemangkasan Suku Bunga

Sektor manufaktur disebut menjadi salah satu masalah utama karena terhimpit oleh lemahnya permintaan China dan kelemahan kompetitif di dalam negeri. Meskipun hal ini sudah terjadi selama beberapa waktu, teori yang populer adalah bahwa perusahaan tetap mempertahankan staf meskipun mempekerjakan kembali mereka jika diperlukan di kemudian hari adalah hal yang sulit.

Beberapa perusahaan tampaknya kehilangan kepercayaan terhadap pemulihan ekonomi. Volkswagen AG sedang mempertimbangkan penutupan pabrik di Jerman untuk pertama kalinya. Rencana untuk melakukan pengurangan di sektor ini – termasuk di Continental AG – terus mengalir. 

Sementara itu, konsumen yang ragu-ragu berarti sektor jasa belum mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Akibatnya, ekonom di Goldman Sachs memperkirakan tingkat pengangguran di kawasan euro akan meningkat menjadi 6,7% dalam beberapa kuartal mendatang. 

Dalam laporannya, Goldman Sachs menyebut hasil yang lebih buruk mungkin terjadi jika perekonomian berkinerja buruk. Goldman Sachs mendukung tuntutan penurunan suku bunga di setiap pertemuan yang dimulai minggu ini hingga suku bunga deposito mencapai 2%, dari level saat ini pada 3,5%.

Argumen yang mendukung pelonggaran yang lebih cepat adalah kenyataan bahwa pasar kerja yang lebih lemah biasanya juga berarti kenaikan gaji yang lebih sedikit dan dengan demikian inflasi yang lebih rendah.

“Jika pasar tenaga kerja terus melemah, pekerja dapat menerima kenaikan upah yang lebih kecil dalam negosiasi ulang upah mendatang sebagai imbalan atas keamanan kerja,” tulis ekonom di Barclays baru-baru ini.

Asumsi ECB bahwa mereka akan mencapai target inflasi 2% secara berkelanjutan pada paruh kedua tahun 2025 didasarkan pada perlambatan kenaikan upah. Namun, mereka juga tidak ingin pasar tenaga kerja dan kenaikan gaji menjadi terlalu moderat.

Kepala Ekonom Philip Lane mengatakan pekan lalu bahwa pasar tenaga kerja yang lebih kuat meningkatkan kemungkinan mencapai target inflasi daripada berada di bawah secara kronis. Kkenaikan upah akan lebih konsisten dengan target di tahun-tahun mendatang dibandingkan sebelum Covid.

Karsten Junius, ekonom di Bank J. Safra Sarasin menyebut, pasar tenaga kerja di kawasan euro masih terlihat cukup tangguh, namun ada tanda-tanda jelas adanya pelemahan. 

“ECB juga harus bereaksi terhadap hal tersebut dan memastikan bahwa tidak ada kemerosotan nyata dengan meningkatnya pengangguran secara signifikan. Hal ini juga menunjukkan adanya pemotongan suku bunga di awal,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper