Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenparekraf Bakal Dipecah, Sandiaga: Skenario Transisi Sudah Siap

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku telah menyiapkan sejumlah skenario proses transisi jika Kemenparekraf jadi dipecah 2 kementerian.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Kantor Samuel Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). BISNIS/ Ni Luh Anggela.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Kantor Samuel Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). BISNIS/ Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis rencana pemisahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak akan mengganggu target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan presiden terpilih, Prabowo Subianto, sebesar 8%.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario agar proses transisi dari Kemenparekraf menjadi Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif dapat berjalan dengan baik.

“Tadi saya ditanya sama Pak Airlangga, saya menyampaikan tidak akan mengganggu karena kita sudah siapkan semuanya tinggal dieksekusi,” kata Sandiaga dalam konferensi pers di Kantor Kemenparekraf, Senin (14/10/2024).

Sandiaga mengatakan, ada dua skenario yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf. Pertama, skenario jika sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masih berada dalam satu kementerian. Kedua, skenario jika Kemenparekraf dipecah menjadi Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif.

Pihaknya juga telah melakukan pembagian gedung yang akan digunakan kedua kementerian. Sandiaga menyebut, Menara Merdeka nantinya akan diisi oleh Kementerian Ekonomi Kreatif dan Sapta Pesona diisi oleh Kementerian Pariwisata.

“Semua kedeputian tinggal menyesuaikan, semua telah kami siapkan,” ujarnya. 

Sandiaga meyakini, rencana pemisahan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah dipikirkan secara matang oleh Prabowo Subianto. Selain itu, pemisahan ini telah dilandasi keputusan fundamental yang ada. 

Adapun, kabar mengenai pemisahan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kian menguat. Bahkan, Sandi beberapa kali kerap diminta pendapat terkait kehadiran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Kabar terakhir ini sepertinya menguat, ada informasi yg saya terima dan juga pertanyaan dari beberapa pimpinan bagaimana jika seandainya dipisah seperti 2014-2019 di mana kita punya Bekraf,” ungkapnya.

Sebagai informasi, beredar kabar bahwa akan ada 46 kementerian di pemerintahan baru. Terdapat sejumlah kementerian yang muncul, baik dari peleburan maupun pemecahan kementerian sebelumnya. 

Salah satu kementerian yang dipisah yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian ini kabarnya akan dipecah menjadi Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif.

Selain Kemenparekraf, Kementerian Koperasi dan UKM juga disebut bakal dipecah, menjadi Kementerian Koperasi dan Kementerian UKM. Ada pula Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dipecah menjadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper