Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airbus Akan PHK 2.500 Karyawan di Sektor Pertahanan dan Antariksa

Airbus mengumumkan rencana PHK hingga 2,500 karyawan di divisi Pertahanan dan Antariksa setelah mengalami kerugian besar dalam bisnis satelitnya.
Pesawat Airbus SE A350 yang dioperasikan oleh Cathay Pacific Airways Ltd. di landasan pacu di Bandara Internasional Hong Kong, Selasa, 3 September 2024./Bloomberg-Yik Yeung-man
Pesawat Airbus SE A350 yang dioperasikan oleh Cathay Pacific Airways Ltd. di landasan pacu di Bandara Internasional Hong Kong, Selasa, 3 September 2024./Bloomberg-Yik Yeung-man

Bisnis.com, JAKARTA – Pabrikan pesawat asal Eropa, Airbus, mengumumkan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga 2,500 karyawan di divisi Pertahanan dan Antariksa setelah menghabiskan berbulan-bulan mengalami kerugian besar dalam bisnis satelitnya.

Mengutip Reuters pada Kamis (17/10/2024), kelompok kedirgantaraan Eropa tersebut mengatakan pihaknya akan melaksanakan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 7% dari jumlah karyawan di divisi terbesar kedua Airbus, pada pertengahan 2026 setelah melakukan pembicaraan dengan serikat pekerja. Namun, Airbus akan menunda pengambilan tindakan restrukturisasi segera.

Airbus membangun satelit dan transporter serta mempunyai saham penting dalam program rudal, pesawat tempur, dan peluncuran ruang angkasa Eropa.

Airbus menghabiskan biaya sebesar 1,5 miliar euro atau US$1,63 miliar dalam sistem ruang angkasa dalam beberapa kuartal terakhir, yang disebabkan oleh proyek teknologi tinggi OneSat, serta penundaan dan peningkatan biaya pertahanan.

Pemutusan hubungan kerja ini, yang pertama kali dilaporkan oleh kantor berita Prancis AFP, merupakan hasil dari tinjauan efisiensi selama lebih dari setahun dalam bisnis pertahanan dan luar angkasa, yang diberi kode ATOM.

Mike Schoellhorn, CEO divisi pendapatan terbesar kedua Airbus, mengatakan sudah waktunya untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam pasar luar angkasa yang semakin sulit.

“Hal ini mengharuskan kita untuk menjadi lebih cepat, lebih ramping dan lebih kompetitif,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Airbus telah menyusun rencana penyelesaian khusus untuk bisnis Sistem Luar Angkasa yang sedang kesulitan tanpa menunggu hasil pembicaraan konsolidasi satelit baru-baru ini yang mencakup Leonardo dari Italia serta Thales dari Prancis

Selain itu, PHK juga akan dirasakan di markas unit pertahanan yang berbasis di Jerman.

Airbus memiliki basis di Perancis dengan operasi inti juga di Jerman, Inggris dan Spanyol. Pemerintah dari empat negara tuan rumah telah diberitahu mengenai rencana restrukturisasi tersebut, kata sumber.

Airbus kini menghadapi negosiasi selama berbulan-bulan dengan serikat pekerja dan negara tuan rumah mengenai dampak yang akan terjadi pada sektor manufaktur berteknologi tinggi, sebuah topik sensitif secara politik yang dapat mengarah pada beberapa penyesuaian.

“Perdagangan sudah dimulai sekarang,” kata seseorang yang akrab dengan diskusi tersebut.

Airbus bersiap untuk menerapkan ketentuan baru yang mencerminkan biaya restrukturisasi namun hal ini tidak akan segera diterapkan, karena perusahaan masih dalam tahap awal menilai dampaknya, demikian disampaikan para analis dalam webcast menjelang hasil restrukturisasi yang akan diumumkan pada 30 Oktober.

Produsen pesawat tersebut telah mempelajari pembukuannya untuk mencoba mendapatkan gambaran lengkap mengenai kerugian yang terdapat dalam kontrak layanan penerusan yang kompleks untuk satelit seperti OneSat yang dapat diprogram ulang.

Webcast pra-hasil, yang baru-baru ini diperkenalkan mengikuti pedoman pasar Eropa yang baru, mengindikasikan tidak akan ada biaya baru dalam hasil kuartal ketiga.

Analis memperkirakan sebagian besar kehilangan pekerjaan akan ditutupi oleh pensiun atau keluarnya pekerja secara sukarela.

Reuters melaporkan pada bulan Juli bahwa Airbus telah meluncurkan rencana penahanan uang tunai yang mendesak di seluruh unit Pertahanan dan Luar Angkasa, di mana para manajer telah menyatakan situasi biaya “kritis.”

CEO Grup Airbus, Guillaume Faury, mengatakan pada awal tahun ini bahwa Airbus sedang mencari peluang untuk menciptakan skala di bidang pertahanan, luar angkasa, dan khususnya satelit, di mana pemain tradisional telah sangat terganggu oleh keberhasilan konstelasi baru.

Negara-negara Eropa meningkatkan belanja pertahanan setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022, namun sebagian dari belanja persenjataan telah disalurkan ke pemasok non-Eropa dan kebutuhan yang paling mendesak tidak melibatkan platform besar yang menjadi fokus Airbus.

“Tidak ada keuntungan bagi produsen pesawat militer dari Ukraina; sektor dimana keuntungan terjadi adalah pada amunisi dan rudal,” kata analis Agency Partners, Sash Tusa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper