Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Bandara Adi Soemarmo Tetap Jadi Favorit Jemaah Haji meski "Turun Kasta"

Adi Soemarmo tetap menjadi "favorit" jemaah Haji untuk terbang ke Mekkah, Arab Saudi, meski statusnya telah diturunkan oleh Kemenhub.
Sejumlah jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) sembilan embarkasi Palembang berjalan menuju pesawat  di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (5/6/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sejumlah jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) sembilan embarkasi Palembang berjalan menuju pesawat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (5/6/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Pengertian fast track Mekkah Route

Layanan jalur cepat (fast track) di imigrasi bagi jamaah calon haji Indonesia sangat membantu mengurangi kelelahan jamaah setelah menjalani penerbangan sekitar sembilan jam dari Tanah Air ke Arab Saudi.

Dengan menggunakan layanan ini, maka jamaah hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit di Imigrasi. Nantinya jamaah bisa langsung bisa naik ke bus dan diantar ke hotel.

Sedangkan melalui proses imigrasi biasa, layanan butuh waktu cukup lama sekitar dua sampai 2,5 jam.

Layanan jalur fast track diberikan sejak jamaah haji Indonesia berada di bandara Tanah Air.

Melalui jalur fast track, jamaah haji Indonesia tidak lagi melalui pemeriksaan dokumen keimigrasian ketika sampai di bandara Saudi.

“Karena sesampainya mereka nanti di Saudi, tidak lagi perlu melalui pemeriksaan imigrasi. Alias bisa langsung cus melaksanakan ibadah umrah (wajib),” kata Gus Yaqut.

Dengan dibukanya pelayanan ini jemaah haji Indonesia akan mendapatkan layanan Keimigrasian Saudi Arabia di dalam negeri. 

Fasilitas ini merupakan kerja sama antara Kementerian Agama RI dengan Kerajaan Arab Saudi. Sebelumnya, layanan serupa sudah dibuka di Bandara Soekarno-Hatta, untuk tahun ini diperluas di beberapa bandara lain, termasuk Bandara Adi Soemarmo.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper