Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Menko Airlangga Raih Gelar Honoris Causa dari Gyeongsang National University

Menko Airlangga menerima gelar Doktor Honoris Causa atas upaya mendorong dan menjaga kolaborasi Korsel-RI di ekonomi, perdagangan, investasi, dan pendidikan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menerima gelar Doktor Honoris Causa dari  Gyeongsang National University (GNU), Korea Selatan, Selasa (21/5/2024)./Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University (GNU), Korea Selatan, Selasa (21/5/2024)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Gyeongsang National University (GNU) di Kota Jinju, Korea Selatan, Selasa (21/05/2024). 

Gelar tersebut diberikan atas upaya Airlangga mendorong dan menjaga kolaborasi kedua negara khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, dan pendidikan. Penghargaan yang diberikan langsung oleh President of GNU Kwon Soon-Ki turut menjadi pengakuan atas dedikasi Airlangga yang aktif melakukan pertemuan bilateral dengan Pemerintah dan pengusaha dari Korea Selatan. 

“Saya tentunya sangat berterima kasih atas apresiasi yang luar biasa dari Gyeongsang National University. Dengan semangat kemitraan yang saling memberikan dukungan, ke depan saya berharap agar kerja sama strategis di berbagai bidang antara Indonesia dengan Korea Selatan dapat terus meningkat dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara,” tuturnya dalam keterangan resmi. 

Adapun, kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan telah terjalin lebih dari 50 tahun. Hubungan erat antara kedua negara terus didorong, utamanya dalam sektor ekonomi, perdagangan, dan investasi. 

Korea Selatan yang identik dengan K-Pop sendiri menduduki peringkat ke-7 realisasi investasi di Indonesia pada periode tahun 2023 dengan nilai investasi sebesar US$2,5 miliar.

Dalam kesempatan itu pula, Airlangga menyampaikan orasi ilmiah yang menggambarkan tentang Visi Indonesia Emas 2045, kondisi ekonomi dan geopolitik global, strategi pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang, dan komitmen terhadap kerja sama dan reformasi global. 

Selain itu, Airlangga juga memamerkan langkah besar Indonesia yang menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mulai bergabung dalam keanggotaan OECD.

GNU Alumni Chairman Jeong Taek Soo mengungkapkan dedikasi Airlangga tersebut mampu memperkuat kerja sama dua negara di Asia. 

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Airlangga atas gelar Doktor Honoris Causa dan kami sangat bangga karena Pak Airlangga menjadi bagian dari alumni GNU. Sesuai moto GNU selalu menjadi pionir, kami sangat menghargai keahlian Pak Airlangga baik secara personal maupun profesional dalam bidang perekonomian serta kemampuan Pak Airlangga dalam membina hubungan antar negara,” ujarnya. 

Selain menerima gelar Doktor Honoris Causa, kunjungan kerja Airlangga ke Korea Selatan juga dalam rangka pertemuan dengan para pengusaha Korea Selatan untuk membahas peluang kerja sama di bidang otomotif, elektronik, semikonduktor, dan pengembangan bahan bakar hidrogen di Indonesia.

Dirinya bertemu dengan CEO LG CNS Shingyoon Hyun serta CEO Hyundai Motor Group Euisun Chung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper