Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Author

George Hendrata

CEO Tiket.com

Lihat artikel saya lainnya

Opini: Peran Inovatif Teknologi dalam Era Baru Perjalanan dan Pariwisata

Masa depan perjalanan modern ditentukan oleh permintaan akan kesederhanaan, efisiensi, dan personalisasi.
Tips solo traveling ke Singapura dan Jepang./Freepik
Tips solo traveling ke Singapura dan Jepang./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Industri perjalanan saat ini menghadapi tantangan yang kompleks akibat fluktuasi ekonomi, perubahan sosial, kekhawatiran lingkungan, dan ketidakstabilan geopolitik.

Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi perilaku dan preferensi wisatawan, sehingga industri ini harus cepat beradaptasi. Teknologi menjadi faktor kunci dalam membantu industri menyesuaikan diri dengan kebutuhan wisatawan yang terus berkembang.

Dalam beberapa tahun terakhir, personalisasi telah menjadi aspek penting dalam pengalaman perjalanan, terutama karena wisatawan semakin mencari solusi yang disesuaikan dengan preferensi dan harapan mereka. Tiket.com mengikuti tren ini dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti AI (Artificial Intelligence) dan machine learning untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih personal.

Kemampuan platform kami dalam merekomendasikan penerbangan, akomodasi, dan aktivitas yang sesuai dengan preferensi individu merupakan bukti komitmen kami untuk terus berkembang sesuai kebutuhan pelanggan selama 13 tahun terakhir.

Depresiasi ekonomi dan nilai tukar memengaruhi pendapatan yang dapat digunakan untuk perjalanan, mengakibatkan pergeseran dalam kebiasaan dan preferensi belanja. Meningkatnya biaya penerbangan, akomodasi, dan aktivitas juga memengaruhi pilihan wisatawan.

Teknologi membantu mengatasi tantangan ini dengan menyediakan platform online yang canggih untuk membandingkan harga, membaca ulasan, dan melakukan reservasi. Dengan menggunakan algoritma AI, teknologi ini memungkinkan analisis data dan rekomendasi personal, yang tidak hanya memprediksi tren tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi.

Wisatawan saat ini semakin mencari pengalaman unik dan otentik, yang didorong oleh akses informasi yang mudah, terutama melalui media sosial.

Platform media sosial seperti TikTok dan Instagram menjadi populer dalam menemukan destinasi baru. Dengan memanfaatkan platform digital ini, proses pemesanan menjadi lebih mudah, memberikan pembaruan secara real-time, dan menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pengguna.

Kesadaran akan perubahan iklim yang semakin meningkat telah mendorong pengawasan lebih besar terhadap dampak lingkungan dari industri perjalanan, sehingga diperlukan upaya untuk mempromosikan praktik berkelanjutan. Teknologi mendukung pergeseran ini dengan menyediakan informasi tentang opsi ramah lingkungan dan membantu wisatawan membuat pilihan yang tepat.

Konflik geopolitik dan perubahan peraturan mengenai visa dan persyaratan perjalanan internasional menambah tantangan bagi wisatawan. Teknologi membantu dalam menavigasi tantangan ini dengan menawarkan pembaruan real-time dan solusi atas perubahan regulasi. Chatbot bertenaga AI dapat menangani pertanyaan pelanggan, memberikan informasi perjalanan, dan membantu dengan modifikasi pemesanan, termasuk pengembalian uang dan penjadwalan ulang dengan mudah.

Demografi wisatawan semakin beralih ke individu yang lebih muda dan paham teknologi, yang lebih menyukai interaksi digital. Berdasarkan penelitian tiket.com pada 2023 dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, kami melihat bahwa pariwisata telah menjadi bagian dari gaya hidup.

Bagi generasi saat ini, perjalanan telah menjadi pelarian dari rutinitas sehari-hari, reward untuk diri mereka sendiri, dan bagian dari perjalanan healing. Kami juga menyoroti peningkatan perjalanan bleisure, yang menggabungkan bisnis dan rekreasi, serta menekankan perlunya solusi perjalanan yang fleksibel.

Saat industri perjalanan pulih pasca pandemi, data kami dengan Kementerian menunjukkan pemulihan signifikan dalam pemesanan penumpang dan akomodasi. Pemulihan ini menekankan pentingnya fokus pada daya tarik, aksesibilitas, dan keterjangkauan. Dengan meningkatkan layanan digital dan melibatkan lebih banyak pemasok, perusahaan perjalanan dapat memenuhi kebutuhan beragam wisatawan dan memanfaatkan ketergantungan yang meningkat pada platform digital.

Masa depan perjalanan modern ditentukan oleh permintaan akan kesederhanaan, efisiensi, dan personalisasi. Dengan memanfaatkan teknologi, kami beradaptasi dan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan wisatawan saat ini. Komitmen kami untuk terus berkembang bersama pelanggan memastikan bahwa kami memberikan pengalaman perjalanan yang paling relevan dan memuaskan.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper