Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdana, Pesawat Jokowi Berhasil Mendarat di Bandara IKN

Badan Otorita menyatakan proses pendaratan perdana pesawat Presiden Jokowi di Bandara IKN berjalan lancar dan sempurna.
Pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa (24/9/2024) - Dok. Instagram.
Pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa (24/9/2024) - Dok. Instagram.

Bisnis.com, JAKARTA – Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Raja Juli Antoni memastikan bahwa pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Raja Juli menyebut proses pendaratan perdana pesawat kepresidenan RI di Bandara IKN itu dilakukan pada sore hari ini dengan lancar dan sempurna.

“Alhamdulillah, pesawat Presiden RI mendarat dengan lancar dan sempurna di Bandara Nusantara,” kata Raja Juli dalam akun Instagram resminya, Selasa (24/9/2024).

Dalam unggahan video yang dibagikan, Jokowi tampak semringah saat turun dari pesawat. Dirinya juga langsung disambut oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Plt. Wakil Kepala OIKN Raja Juli.

Sebelumnya, Presiden Jokowi membenarkan bahwa dirinya bakal menjajal Bandara IKN untuk pertama kalinya pada hari ini. Dia menjelaskan, rencana dirinya untuk dapat mendarat langsung di Bandara IKN memang telah beberapa kali mengalami pengunduran. 

Usai dilakukan uji coba, Jokowi resmi pada hari ini tak lagi mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan saat melakukan kunjungan ke IKN.

“Ya nanti ini kan itu sudah mundur beberapa kali, kami cek kemarin sudah bisa didarati ya nanti akan kita coba nanti untuk mendarat di IKN. Itu bukan bandara VVIP tetapi bandara komersial yang nanti diharapkan bisa digunakan masyarakat umum,” tutur Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, agenda kunjungan Presiden Jokowi ke IKN salah satunya adalah untuk menghadiri langsung groundbreaking tahap 8 di IKN pada Rabu (25/9/2024).

Presiden jokowi akan memimpin langsung groundbreakingtahap ke-8 yang melibatkan satu investor asing murni, dua kemitraan asing, dan dua investor domestik.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menyebut keragaman investasi di Nusantara yang tercermin hingga groundbreaking ke 8.

“Dari 8 Groundbreaking selama setahun sejak GB ke-1 di September 2023 hingga GB ke-8 di September 2024 menunjukkan, bahwa investasi di IKN benar-benar berjalan dan terwujud. Bahkan sudah ada yang beroperasi dan diresmikan," ucap Agung.

Investasi swasta luar negeri masuk pertama kali melalui sektor mix use yaitu Delonix Bravo Investment dari China yang akan membangun hotel, apartemen, kantor, dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menghadiri groundbreaking dua perusahaan dalam negeri yang berinvestasi di Nusantara yaitu Primahotel Manajemen Indonesia yang akan membangun Hotel Bintang 3, PT Plataran Boga Rasa yang akan membangun Venue.

Sementara itu, dua perusahaan asing yang bermitra dengan perusahaan lokal adalah Australia Independent School yang akan membangun Sekolah Internasional dari jenjang PAUD hingga SMA, dan PT Magnum Investment Nusantara yang akan membangun kawasan hunian & komersial.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper