Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Usai Mendarat Perdana di Bandara IKN: Mulus, Sangat Bagus

Presiden Jokowi menceritakan proses pendaratan perdana pesawat kepresidenan di bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa (24/9/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keterangan pers di bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (24/9/2024) - Youtube Setpres.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keterangan pers di bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (24/9/2024) - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil mendarat perdana bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Selasa (24/9/2024).

Jokowi mengatakan bahwa pesawat kepresidenan baru pertama kali mendarat di Bandara IKN. Dia menuturkan pendaratan pertama berjalan dengan baik dan lancar.

"Ya mulus banget sih tadi, landingnya mulus, sangat bagus. Tidak terlalu besar, tapi lebih dari cukup," kata Jokowi di Bandara IKN seperti dikutip dari Youtube Setpres, Selasa (24/9/2024).

Jokowi kemudian membantah bahwa Bandara IKN hanya untuk kalangan VVIP saja. Dia meminta agar Bandara IKN nantinya bisa segera beroperasi komersial untuk masyarakat umum.

"Pertama kali saya turun di Nusantara Airport yang sering disampaikan ini hanya untuk VVIP, saya tadi sudah perintahkan ke pak Menhub agar segera diubah menjadi airport komersial agar bisa untuk haji, umrah dan lainnya," ujarnya.

Pada tahap awal, Jokowi mengungkapkan kapasitas Bandara IKN diperkirakan hanya sekitar 200.000 penumpang. Namun, apabila sudah beroperasi secara komersial, maka kapasitasnya bisa mencapai 7 juta penumpang per tahun.

Sebelumnya, Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Raja Juli Antoni memastikan bahwa Presiden Jokowi berhasil mendarat dengan lancar di Bandara IKN.

Dikutip melalui akun instagram @rajaantoni, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) itu mengatakan bahwa pesawat Kepresidenan RJ85 yang ditumpangi Kepala Negara berhasil mendarat perdana di Bandara IKN.

“Alhamdulillah, Pesawat Presiden RI mendarat dengan lancar dan sempurna di Bandara Nusantara,” ujar Raja Juli dikutip melalui unggahannya, Selasa (24/9/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamini bakal kembali bertolak menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Selasa (24/9/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku meskipun rencana pendaratan di Bandara Nusantara itu mundur beberapa kali, tetapi usai melakukan pengujian saat ini dipastikan bahwa dia dapat mendarat di sana.

Hal ini disampaikannya usai meresmikan Injeksi Bauksit Perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT. Borneo Alumia Indonesia, Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).

“Ya nanti ini kan itu sudah mundur beberapa kali, kami cek kemarin sudah bisa didarati ya nanti akan kita coba nanti untuk mendarat di IKN. Itu bukan bandara VVIP tetapi bandara komersial yang nanti diharapkan bisa digunakan masyarakat umum,” tutur Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, agenda kunjungan Presiden Jokowi ke IKN salah satunya adalah untuk menghadiri langsung groundbreaking tahap 8 di IKN pada Rabu (25/9/2024).

Presiden jokowi akan memimpin langsung groundbreakingtahap ke-8 yang melibatkan satu investor asing murni, dua kemitraan asing, dan dua investor domestik.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono menyebut keragaman investasi di Nusantara yang tercermin hingga groundbreaking ke 8.

“Dari 8 Groundbreaking selama setahun sejak GB ke-1 di September 2023 hingga GB ke-8 di September 2024 menunjukkan, bahwa investasi di IKN benar-benar berjalan dan terwujud. Bahkan sudah ada yang beroperasi dan diresmikan," ucap Agung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper