Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengiriman Pesawat Boeing dan Airbus Masih Molor, Bikin Bos Maskapai Frustasi

Keterlambatan pengiriman pesawat Boeing dan Airbus disebutkan membuat frustrasi para CEO maskapai penerbangan dan menimbulkan dampak besar.
Boeing 737 MAX. Dok Boeing
Boeing 737 MAX. Dok Boeing

Bisnis.com, JAKARTA - Penundaan pengiriman dari dua pabrikan pesawat, Airbus dan Boeing, disebut belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan dan berpotensi menghambat upaya ekspansi perusahaan di sektor ini.

Direktur Jenderal International Air Transport Association (IATA) mengatakan, keterlambatan pengiriman pesawat ini sangat membuat frustrasi para CEO maskapai penerbangan dan menimbulkan dampak besar.

"Saya pikir ini akan menjadi masalah dalam beberapa tahun ke depan. Pesan yang saya dapatkan dari para CEO maskapai penerbangan adalah situasinya tidak terlihat semakin buruk. Jadi, sepertinya sudah mencapai titik terendah atau stagnan, namun ternyata tidak menjadi lebih baik,” kata Walsh dikutip dari Reuters pada Kamis (17/10/2024).

Boeing dan Airbus telah berjuang untuk memenuhi target pengiriman di tengah tantangan rantai pasokan. Pemogokan yang sedang berlangsung terhadap Boeing telah menimbulkan kekhawatiran akan semakin buruknya penundaan yang terjadi pada perusahaan pembuat pesawat AS tersebut di tengah krisis yang lebih luas terkait reputasi keselamatannya.

Sejumlah maskapai penerbangan terkemuka Eropa mengeluhkan kendala kapasitas yang diakibatkannya pada sebuah konferensi di Brussels, dengan Ryanair dengan mengatakan pihaknya harus merevisi perkiraan lalu lintas penumpang untuk tahun depan karena penundaan tersebut.

Maskapai-maskapai penerbangan Eropa mendesak Brussel untuk berbuat lebih banyak untuk menjamin persaingan yang setara dalam industri penerbangan dan mengeluh bahwa pesaing mereka dari China menikmati keuntungan biaya yang sangat besar karena mereka dapat terbang di atas Rusia.

Sejumlah maskapai penerbangan, termasuk British Airways milik IAG dan Lufthansa, baru-baru ini membatalkan rute mereka ke Beijing karena mereka berjuang dengan persaingan dari maskapai penerbangan China di Eropa-Asia rute.

Walsh, mantan kepala IAG, mengatakan bahwa sejauh pengetahuannya, Uni Eropa tidak memiliki cara apa pun untuk membalas terhadap maskapai China, misalnya, yang terbang melalui wilayah udara Rusia.

Walsh menuturkan, wilayah udara Rusia harus terbuka untuk semua orang. Dia mengatakan, ini adalah masalah politik, bukan masalah keamanan atau keselamatan.

“Saya dapat memahami mengapa maskapai penerbangan menyerukan hal tersebut, namun saya tidak melihat ada instrumen khusus yang tersedia untuk mengatasi hal tersebut,” jelas Walsh.

Boeing Cari Modal

Sementara itu, Boeing melaporkan sedang mematangkan rencana untuk mengumpulkan dana sekitar US$15 miliar melalui saham biasa dan obligasi wajib konversi untuk meningkatkan kondisi keuangan yang diperburuk oleh pemogokan para pekerjanya. 

Perusahaan tersebut mengatakan dalam dokumen pengajuan bahwa mereka dapat mengumpulkan sebanyak US$25 miliar saham dan utang dengan peringkat kredit tingkat investasi yang berisiko.

Salah satu sumber memperingatkan bahwa penjualan senilai US$15 miliar mungkin tidak cukup bagi Boeing untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung.

Boeing juga mempertimbangkan transaksi keuangan terstruktur untuk mengumpulkan hingga US$5 miliar yang dapat menyerupai sekuritisasi sebagian pendapatan anak perusahaannya, menurut sumber terpisah yang mengetahui rencana pembiayaannya. Boeing tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai rencana sekuritisasi, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Raksasa kedirgantaraan ini menghadapi beragam masalah, mulai dari sisi regulasi, pembatasan produksi, dan hilangnya kepercayaan pelanggan sejak panel pintu pesawat 737 MAX buatannya terlepas saat mengudara pada awal Januari. 

Boeing telah menghabiskan uang tunai sepanjang tahun, sehingga mereka mengumumkan akan mencari pendanaan di pasar modal. Boeing juga menyebut mereka telah mendapatkan perjanjian kredit sebesar US$10 miliar dengan pemberi pinjaman Bank of America, Citibank, Goldman Sachs, dan JPMorgan.

Empat sumber investor dan perbankan mengatakan perwakilan dari pemberi pinjaman tersebut menanyakan mengenai keinginan untuk menawarkan gabungan saham baru dan obligasi wajib konversi – obligasi hibrida yang dapat dikonversi menjadi ekuitas pada atau sebelum tanggal yang telah ditentukan.

Sekitar US$10 miliar saham baru sedang direncanakan untuk dijual oleh perusahaan bersama dengan hampir US$5 miliar obligasi konversi wajib, kata sumber tersebut.

Seperti apa saat ini diskusi dengan konsorsium LG apa sudah ada kemajuan untuk pembahasan JV di sisi hulu tambang dan smelter?


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper